Mantan Panglima Laskar Jihad Serahkan Senpi,Amunisi dan Bom ke Polres Ambon

by
La Jumu serahkan senjata api ke Kapolres Pulau Ambon

AMBON- Mantan Panglima Laskar Jihad Wilayah Maluku La Jumu menyerahkan empat pucuk senjata api (senpi) rakitan, berikut ratusan amunisi berbagai jenis ke Polres Pulau Ambon dan Pulau –Pulau Lease, Senin (31/10). La Jumu yang datang bersama seorang mantan terpidana kasus teroris itu menyerahkan senpi kepada Kapolres Pulau Ambon dan Pulau Lease AKBP Harold Huawe di halaman Mapolres dan disaksikan puluhan anggota polres. Selain empat pucuk senpi, juga diserahkan sepuluh buah bom rakitan serta dua buah mortir dan bahan – bahan pembuat bom lainnya.
La Jumu dihadapan Kapolres dan anggota polres lainnya menyatakan senpi berikut ratusan amunisi, bom dan bahan peledak lainnya merupakan sisa – sisa konflik Ambon 1999 silam. Menurut dia, sejumlah pihak yang berpaham radikal di luar Maluku mengincar senpi dan berikut amunisi sisa konflik Ambon itu digunakan untuk melakukan aksi radikalisme di Indonesia. Agar tidak jatuh ke pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, La Jumu kemudian melakukan pendekatan ke pihak – pihak tertentu termasuk mantan anggota ISIS di Maluku agar menyerahkan senjata ke dirinya.
“Oleh sebab itu, sebagai mantan Pangliam Laskar Jihad di Maluku, saya memiliki tanggungjawab besar agar senjata – senjata api berikut amunisi diserahkan ke pemerintah dan aparat keamanan. Atas dukungan dari Mabes Polri, Kapolres serta jajarannya saya berhasil mendekati tokoh-tokoh mantan anggota ISIS dan mereka menyerahkan senjata ke saya dan dilanjutkan ke polisi,” kata La Jumu.
Kapolres mengapresiasi tindakan La Jumu dan warga lainnya yang bersedia untuk menyerahkan senjata api rakitan, amunisi dan bom sisa konflik warga. Kapolres menyatakan, warga yang menyerahkan senjata api tidak akan dikenakan dijerat hukuman. “Saya minta warga yang masih menyimpan senjata api dan bom agar diserahkan ke aparat kepolisian, agar Ambon makin aman, apalagi memasuki pelaksanaan Pilkada. Kalau yang serahkan secara sukarela kita tidak mengambil tindakan hukum, tapi kalau kedapan kita akan proses hukum,” kata Kapolres. ADI

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *