Mantap, Kantor SAR Ambon Dapat Tambahan Kapal Patroli

by
Kepala Basarnas RI, Marsekal Madya TNI M. Syaugi didampingi pejabat daerah di Maluku menekan tombol sirine peresmian empat kapal negara untuk sejumlah wilayah Indonesia timur di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Selasa (13/3). FOTO : ALFIAN SANUSI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepala Badan SAR Nasional (Kabasarnas)  RI,  Marsekal Madya TNI M. Syaugi meresmikan pengoperasian empat kapal negara untuk sejumlah wilayah  Indonesia timur  yang berlangsung di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Selasa (13/3).Empat kapal tersebut yakni, KN. SAR Ramawijaya 240 untuk  Manowkuari, KN. SAR Kumbakarna 244 untuk  Mentawai, KN. SAR Bharata 242 untuk Ambon, KN. SAR Wibisana 243 Biak.

Syaugi mengungkapkan, pemberian  empat unit  kapal negara  itu untuk mendukung operasi SAR,  peningkatan kinerja Badan Pencarian dan Pertolongan. “Pemberian kapal ini untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat Indonesia dan manca negara ketika berlayar di perairan Indonesia,” katanya. Ia menyebutkan, empat kapal berwarna putih oranye yang masing – masing memiliki panjang 40 meter ini terbuat dari bahan aluminium serta mempunyai kecepatan sampai dengan 30 knots perjam.

“Kapal dengan berat yang cukup ringan namun tetap kokoh memiliki kelebihan bergerak dengan cepat, mampu bermanuver yang tinggi, olah gerak kapal yang baik, serta memiliki stabilitas kapal yang dinamis. Dari sisi pemeliharaan, kapal 40 meter berbahan aluminium juga relatif lebih mudah dan ekonomis karena sifat bahannya yang anti korosi,” terangnya.

Ia berharap, dengan bertambahnya kapal ini dapat menambah kualitas pencarian dan pertolongan dalam operasi Sar khususnya penanganan kecelakaan laut di wilayah Kantor Sar pada empat daerah yakni Ambon, Manowkuari, Mentawai, dan Biak. Khusus untuk SAR Ambon dengan tambahan  KN. SAR Bharata 242 ini itu berarti jumlah kapal patroli untuk operasi kemanusian menjadi dua unit. (IAN)