Masjid Adat di Negeri Rohmoni Hangus Terbakar

by
sumber: Humas Polresta Ambon

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Sebuah masjid adat Hatuhaha hangus dilahap si jago merah di Negeri Rohmoni, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Rabu (8/4/2020). Belum tau penyebab kebakaran masjid ini, namun api muncul  dari lantai dua masjid tersebut.

Kasubbag Humas Polresta Ambon IPTU Julkisno Kaisupy menyebutkan, berdasarkan keterangan saksi Din Salampessy (59), awalnya dia berada di dalam halaman masjid untuk mengecat dinding bagian luar masjid. Tiba-tiba mendengar teriakan dari lantai dua masjid kalau ada api yang membakar masjid.

Loading...

“Mendengar hal itu, seluruh masyarakat yang sedang kerja langsung mengambil air untuk menyiram api,” kata Julkisno. Dugaan sementara api muncul saat ada yang hendak membuat ritual adat dengan membakar kemenyan.

Namun, lanjut Julkisno, karena kondisi angin yang bertiup dengan kencang membuat mereka kewalahan untuk padamkan api secara manual.

Jukkisno mengatakan, tidak ada korban jiwa dari kebakaran yang menghanguskan sebuah masjid adat di Hatuhaha ini. “Namun jumlah kerugian material belum bisa dipastikan,” kata Julkisno. (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *