Masyarakat Ekonomi Syariah Gelar Muswil di Maluku

by
Panitia Muswil Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Maluku menggelar jumpa pers pada Kamis (30/3).

AMBON-Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) akan menggelar musyawarah wilayah (Muswil) di Maluku pada Sabtu 1 April 2017 yang  berlangsung di Kantor Gubernur Maluku. Muswil direncanakan dibuka oleh Gubernur Maluku Said Assagaff. Ketua Panitia Muswil MES Maluku Abdul Mannan Latuconsina dalam keterangan pers di Kantor MUI Maluku Kamis (30/3) menyatakan, persiapan Muswil sudah mencapai 90 persen dengan peserta yang diundang berjumlah 168 orang. “Peserta yang di undang untuk mengikuti Muswil yakni tokoh agama, tokoh masyarakat, para penggiat ekonomi syariah dan akademisi yang ada di Kota Ambon,” kata Mannan.

Menurutnya musyawarah ini dilakukan untuk dapat meningkatkan sistim ekonomi, ini yang akan menjadi sasaran MES nantinya. Karena menurut dia, pada prinsipnya antara keislaman dan keindonesiaan adalah satu mata rantai yang tidak bisa dilepas pisahkan. “Kita hanya ingin menunjukan satu kreatifitas perekonomian yang mampu untuk memberikan sumbangsih kepada seluruh umat manusia terutama di Provinsi Maluku,” kata Mannan.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku  H Idrus E Toekan menyatakan, MES untuk Maluku bukan lagi hal yang baru karena pada tahun 2006 MES sudah dibentuk di Maluku. “Dulu MES sudah dibentuk di Maluku pada tahun 2006, namun sudah tidak aktif lagi dan sekarang baru mulai diaktifkan ulang,” kata Toekan.

Sementara itu, Steering Muswil,   Bambang Haryono Nugroho menyebutkan agenda utama pada Muswil tersebut yakni memilih ketua umum beserta kepengurusannya. Menurutnya, MES ini adalah forum dari berbagai stekholder yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan ekonomi syariah. (IAN)