MCS Permudah Akses Layanan Administrasi JKN-KIS

by
Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan memberikan pelayanan keliling di pengungsian Liang, Kamis (19/12/2019). FOTO : BPJS KESEHATAN

TERASMALUKU.COM,-AMBON-BPJS Kesehatan terus melakukan optimalisasi kanal pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya adalah Mobile Customer Service (MCS) yaitu pelayanan dengan mobil keliling guna menjangkau masyarakat yang aksesnya jauh terhadap kantor BPJS Kesehatan.

Pada Kamis (19/12/2019), MCS BPJS Kesehatan berada di daerah pengungsian di Liang, Maluku Tengah. Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Ambon Ade Eka Satrya menerangkan bahwa pemilihan daerah tempat pengungsian sebagai salah satu lokasi MCS adalah karena lokasinya jauh dari kantor BPJS Kesehatan serta berpotensi barang-barang berharga seperti kartu JKN-KIS-nya hilang/tercecer/tidak terselamatkan.

“Pemilihan daerah pengungsian di Liang ini karena kita tahu bahwa banyak masyarakat yang masih mengungsi akibat bencana gempa bumi beberapa waktu lalu, untuk memastikan masyarakat masih memiliki kartu JKN-KIS kita berinisiatif untuk membuka MCS disana. Masyarakat sudah tertimpa musibah, jadi kita tidak mau membebaninya lagi untuk datang jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan di Ambon untuk pengurusan administrasi” terang Ade.

Pelayanan yang diberikan dalam MCS diantaranya pendaftaran peserta (Mandiri, PNS, CPNS, Pensiun), perubahan data, pencetakan kartu, pembayaran tagihan, serta pemberian informasi. Ade menambahkan selain di titik keramaian, masyarakat juga dapat menginformasikan kepada BPJS Kesehatan untuk mendatangkan MCS ke daerahnya.

“Tidak hanya di titik keramaian saja, apabila banyak minat masyarakat didaerahnya yang punya keperluan administrasi BPJS Kesehatan seperti pendaftaran peserta, merubah data, membayar iuran, atau ingin mendapatkan informasi lebih banyak tentang Program JKN-KIS silahkan menginformasikan kepada kami untuk didatangi MCS,” imbuhnya.

MCS ini mendapat tanggapan positif dari peserta, seperti diungkapkan oleh Ibu Merry warga desa Tulehu, Kampung Tengah yang berkunjung. Merry bermaksud untuk mencetak kartu setelah melakukan pembayaran iuran pertamanya.

“Saya sangat bersyukur sekali dengan adanya MCS ini sangat memudahkan kami sehingga tidak jauh dalam mengakses pelayanan administrasi. Saya sangat puas, apalagi petugasnya sangat ramah dan membantu,” ungkap Merry puas.

Selain MCS, juga terdapat beberapa channel pendaftaran dan informasi yang dapat diakses masyarakat tanpa harus ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan, diantaranya yaitu BPJS Kesehatan Care Center 1500400, website BPJS Kesehatan www.bpjs-kesehatan.go.id, serta Aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh pada smartphone berbasis android maupun iOS. (ADV)