Mendagri  Pimpin Upacara HUT Damkar di Ambon

by
Mendagri Tjahjo Kumolo melakukan pemeriksaan pasukan saat menjadi inspektur Upacara HUT Damkar ke 99 di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (1/3). FOTO : DINAS INFOKOM KOTA AMBON

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) ke 99 secara nasional dipusatkan di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (1/3). Upacara dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Sebelum menggelar  upacara Damkar, Mendagri mengukuhkan relawan Damkar Kota Ambon.

Dalam sambutannya, Mendagri mengungkapkan, di Hari Ulang Tahun ini, petugas pemadam kebakaran  berkumpul untuk memperingati HUT Damkar di Kota Ambon. Mendagri mengatakan, momentum HUT Damkar harus mempertegas komitmen jajaran pemadam kebakaran untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, mewujudkan perlindungan masyarakat dari ancaman dan dampak kejadian kebakaran.

“Apa yang dilakukan petugas Damkar ini adalah bentuk perlindungan kepada masyarakat, sesuai dengan amanah dan nawa cita yakni menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap masyarakat bangsa dan memberikan rasa aman,” katanya.

Mendagri juga mengajak seluruh anggota  Damkar di Indonesia untuk menyamakan persepsi terkait keberadaan pemadam kebakaran berdasarkan Undang-Undang dan agenda besar Negara Indonesia.

“Kita harus samakan persepsi untuk pemadam kebakaran seluruh Indonesia, karena pemadam bukan hanya penjaga kota saja, tetapi harus berperan aktif dalam setiap proses pembangunan, mampu mengorganisir seluruh elemen masyarakat dan mampu berkerjasama dengan seluruh masyarakat,” ujarnya.

loading...

Mendagri  juga mengingatkan kepada seluruh anggota pemadam kebakaran tentang Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah yang mengamanatkan, kebakaran merupakan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar di bidang ketentraman dan urusan masyarakat.

“Urusan kebakaran ini setara dan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar lainnya,” katanya. Usai pelaksanaan upacara, Mendagri berjabat tangan dengan seluruh peserta upacara yang ada di Lapangan Merdeka.

Mendagri yang didampingi Plt Gubernur Maluku Zeth Sahuburua dan Walikota Ambon Richard Louhenapessy pemotongan kue ulang tahun Damkar. Upacara juga dimeriahkan dengan atraksi petugas Damkar memadamkan kebakaran. (IAN)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *