Menganal Rezaldi Hehanussa, Pemain Timnas U-22 Asal Maluku di SEA GAMES

by
Rezaldi Hehanussa, Pemain Timnas U-22 Asal Maluku. FOTO : (DOK. PSSI)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Wajahnya mirip dengan pemain asing,  bertubuh tinggi. Ia garang menjaga lini belakang. Lelaki ini memiliki nama lengkap Rezaldi Hehanussa, pemain tim nasional (Timnas) Usia 22 di SEA GAMES Malaysia  2017.

Rezaldi, yang bermain di club  Persija  Jakarta, menjaga benteng pertahanan Garuda muda. Ia bermain di posisi bek kiri atau bek sayap. Pria berdarah Maluku ini lahir di Jakarta pada 7 November 1995. Orang tuanya berasal Negeri Hualoy Kecamatan Amalatu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Maluku.

Loading…

Rezaldi kecil suka bermain sepak bola. Ia mulai bermain si bola bundar sejak duduk di bangku kelas lima sekolah dasar. Kala itu, Rezaldi bergabung bersama Sekolah Sepak Bola (SSB) Akademi Sepakbola Intinusa Olah Prima (AS-IOP), yang dirintis Almarhum Ronny Pattinasarani dan Urias.

Bersama dua pelatih asal Maluku ini, Rezaldi di asuh hingga duduk di bangku kelas dua SMP. Setelah itu, Rezaldi kembali bergabung dengan SBB Villa Pamulang Tangerang di tahun 2.000 silam.

Menurut ayahnya, Harjo Hehanussa, sejak kecil pemain yang akrab di sapa bule ini, terkenal gigi dan memiliki semangat juang tinggi. Bahkan untuk bermain sepak bola, sepulang sekolah, Rezaldi langsung naik bus menuju lapangan sepakbola untuk berlatih.

“Anak ini (Rezaldi), memang dari kecil sangat gigi dalam berlatih. Dia rela meninggalkan apa saja demi bermain bola. Rezaldi duluhnya gabung bersama Almarhum Ronny Patinasarani, di SSB AS-IOP,” kata Harjo kepada Terasmaluku.com Selasa (22/8).

Harjo mengatakan, Rezaldi mulai merintis karirnya sebagai pemain sepakbola professional sejak 2015 lalu. Saat itu, Rezaldi mengikuti Turnamen Bupati CUP dan Portuna CUP, membela Kabupaten Tangerang Selatan (Tangsel).

“Dari situlah Rezaldi memulai karirnya sebagai pemain sepakbola professional. Dan pada akhir tahun 2015 lalu, Rezaldi ikut seleksi Persija Jakarta bersama 45 orang temannya. Lima orang diantaranya lolos, termasuk anak saya, Rezaldi,” tutur Harjo.

Di masa kanak-kanaknya, pemain Timnas U-22  asal Hualoy Maluku bernomor punggung 28 ini, ingin terkenal seperti ayahnya, seorang anggota TNI, yang juga mantan atlet nasional di tahun 90-an.

Hingga kini, pemain berusia 21 tahun ini, masih memperkuat club papan atas Persija, Jakarta. Dan atas kepiawaiannya dalam menjaga pertahanan belakang Persija, Rezaldi dilirik Pelatih Timnas U-22, Luis Milla untuk membela Timnas Indonesia di SEA GAMES 2017 Malaysia.

Orang tua Rezaldi meminta warga Maluku dimana saja  mendukung Rezaldi dan timnas Indonesia U-22 agar menang melawan Vietnam di laga ke empat babak pengisihan Grup B, SEA GAMES  Malaysia.

“Saya juga berharap, dukungan dan motivasi dari masyarakat Maluku terus mengalir untuk Rezaldi agar terus mengharumkan nama Maluku dan Indonesia di kanca persepakbolaan nasional,” ujarnya. (DIT)