Mengejutkan, Inilah Bermacam Manfaat Jeruk Nipis yang Sangat Berguna Bagi Kesehatan Anda

by
Foto : health.liputan6.com)

Banyak sekali manfaat jeruk nipis bagi kesehatan. Banyak sekali penyakit yang dapat dicegah oleh jeruk nipis seperti sariawan, ambeien, penyakit gusi dan diare. Jeruk dengan rasa asam ini merupakan buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Makanan yang mengandung jeruk nipis antara lain permen, jelly, minuman sari jeruk nipis, cocktail, dan makanan berat.

Dilansir dari dedaunan.com (tanpa tanggal, bulan dan tahun), inilah 7 manfaat jeruk nipis bagi kesehatan :

1. Skorbut. Skorbut atau bahasa inggrisnya scurvy adalah penyakit karena kekurangan Vitamin C. Gejala dari penyakit skorbut adalah infeksi berulang dengan gejala flu atau demam, bibir pecah-pecah, luka seperti sariawan di lidah dan mulut dan gusi bengkak dan berdarah. Jeruk nipis bisa menjadi solusi untuk mengobati skorbut agar tidak semakin parah.

2. Pencernaan. Aroma dan rasa dari jeruk nipis bisa merangsang pengeluaran air liur dari mulut. Air liur ini mengandung banyak enzim yang membantu proses pencernaan makanan di mulut. Flavanoid yang terkandung dalam jeruk nipis akan membantu lambung dan liver mengeluarkan asam lambung dan cairan empedu.

3. Konstipasi dan ambeien. Jeruk nipis berkhasiat membersihkan usus dari kotoran yang mengendap dan mengerak. Asam dari jeruk nipis ini memperlancar gerakan usus sehingga menyembuhkan sembelit atau konstipasi atau sulit BAB. Jeruk nipis juga bisa mengurangi rasa sakit dan perkembangan penyakit ambeien.

4. Kencing manis. Jeruk nipis bisa menjadi pencegah dan obat bagi para penderita kencing manis atau diabetes. Serat dalam jeruk nipis membantu tubuh meregulasi kadar gula, dan membantu agar kadar gula tidak meningkat dengan tiba-tiba. Jeruk nipis dan buah asam lainnya juga bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

5. Penyakit jantung dan stroke. Serat larut yang dikandung di dalam jeruk nipis bisa membantu membersihkan dinding pembuluh darah dari lemak dan kolesterol yang menempel. Penyakit jantung dan stroke diakibatkan oleh penyempitan pembuluh darah yang disebabkan penumpukan plak kolesterol. Jeruk nipis berkhasiat untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung dan stroke

6. Batuk. Jeruk nipis berkhasiat sebagai obat batuk tradisional yang sangat ampuh. Manfaat jeruk nipis bisa untuk mengobati batuk, membantu sistem imunitas tubuh melawan infeksi dan juga membantu membunuh bakteri. Astringen dalam jeruk nipis bisa mengatasi penyakit batuk dan infeksi tenggorokan. Kandungan astringen juga dapat membantu melegakan radang pada saluran napas dan tenggorokan sehingga mengurangi rasa nyeri saat menelan atau pun berbicara.

7. Kanker. Flavanoid dan antioksidan yang banyak terdapat pada buah jeruk nipis dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kanker. Penyakit kanker terjadi akibat banyaknya radikal bebas. Antioksidan dan flavonoid dapat berperan sebagai zat yang melawan radikal bebas tersebut sehingga menurunkan angka kejadian kanker. Penelitian pada tahun 2010 telah membuktikan bahwa flavonoid mujarab untuk menurunkan angka kejadian kanker mulut dan menghambat pertumbuhan sel kanker mulut.

Itulah bermacam manfaat jeruk nipis yang sangat berguna bagi kesehatan yang jarang diketahui. Semoga masyarakat Indonesia bisa mengonsumsi jeruk nipis yang banyak khasiatnya sebagai pencegahan dan pengobatan suatu penyakit sehingga masyarakat Indonesia tetap sehat, fit dan bugar dalam aktivitas SMB ADESUKARNA