Menhub Lepas Keberangkapan Mudik Gratis Natal di Pelabuhan Ambon

by
Menhub Budi Karya Sumadi, menyalami penumpang mudik gratis dalam rangka Natal yang akan diberangkatkan dengan KN/ Alphard dari Pelabuhan Ambon, Kamis (21/12/2018) malam. FOTO : DOK. (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, melepas keberangkatan ratusan penumpang mudik gratis dalam  rangka Hari Raya Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di Pelabuhan Ambon, Kamis (21/12) malam.

Menteri Budi yang tiba di Pelabuhan Ambon  bersama Sekda Maluku Hamin Bin Thahir itu langsung melihat ratusan penumpang mudik gratis di kapal patroli KN/ Alphard. Penumpang tujuan Kabupaten Maluku Barat Daya ini terpaksa diangkut dengan kapal milik Navigasi Ambon karena tidak terangkut dengan Kapal Sabuk Nusantara 48, Selasa (19/12) lalu lewat program mudik gratis Pemprov Maluku.

Menhub melihat kondisi penumpang dan berdialog dengan mereka. Dari kapal itu, Menhub juga melihat penumpang  KMP Lelemuku tujuan  Maluku Tenggara Barat (MBD). Menhub menyatakan, secara khusus datang ke Ambon untuk memantau mudik garis program Pemerintah Provinsi Maluku dalam rangka Natal dan Tahun Baru 2018. Apalagi sebelumnya  ada ratusan penumpang KM. Sabuk Nusantara 48 tidak bisa terangkut karena kafasitas angkut kapal terbatas.

“Setelah ada kerjasama dengan berbagai pihak, hari ini mudik gratis bisa selesai semuanya (terangkut). Jadi kita harus berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Kita berterima kasih kepada semua stakehorder, berterima kasih kepada Pemda atas terlaksananya kegiatan ini,” kata Menteri Budi.

Menteri Budi juga mengungkapkan, mudik dalam rangka Hari Raya Natal ini harus berjalan aman dan lancar. Menteri juga minta aparar perhubungan untuk memberikan layanan yang baik bagi penumpang mudik sehingga bisa tiba di kampung halamannya untuk merayatakan Natal bersama keluarga mereka.

loading...

“Saya mengharapkan kepada aparat untuk memberikan layanan yang baik kepada pemudik.Kalau layanan itu baik maka kita akan diberikan kemudahan. Mudah –mudahan saudara –saudara kita ini bisa berkumpul bersama keluarga tepat saat  Natal. Dan ini memang cara kita sesama saudara,  untuk saling menghormati yang Natal harus kita berikan layanan yang baik,”  kata Menhub.

Dalam kunjungan di Pelabuhan Ambon, Menhub juga mendeklarasikan terminal petikemas dan meresmikan pengoperasian Container Crane dan sejumlah fasilitas angkut lainnya di Pelabuhan Ambon.

Sebelumnya, Sekda Maluku Hamin Bin Thahir melepas keberangkatan mudik gratis di Pelabuhan Ambon, Selasa (19/12) dengan menggunakan KM. Sabuk Nusantara 48 tujuan MBD. Namun saat itu ada ratusan penumpang yang tidak terangkut karen kafasiltas kapal milik PT. Pelni itu hanya 500 orang.

Selain di dengan dua kapal tersebut, ratusan penumpang mudik gratis  juga Kamis malam diberangkatkan dari Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon dengan tujuan Kabupaten Buru dan Buru Selatan. (ADI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *