Menjadi Peserta JKN-KIS Adalah Kesempatan Berharga

by
Siti Raudha Autana, jurnalis

Siti Raudha Autana adalah seorang jurnalis yang merupakan salah satu wartawan terbaik dalam mendukung program JKN-KIS di Provinsi Maluku khususnya Kota Ambon. Saat kunjungannya ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Raudha atau yang akrab disapa Oda ini menceritakan pengalamannya ketika meliput hal-hal yang terkait dengan program JKN-KIS.

“Selama saya meliput, sangat beragam tanggapan masyarakat terkait program JKN-KIS ini. Sebagian besar masyarakat sangat bersykur menjadi peserta JKN-KIS karena banyak manfaat yang diperoleh, manfaat JKN-KIS ini tidak hanya dirasakan oleh peserta kalangan menengah kebawah semata, melainkan peserta dikalangan ekonomi menengah ke atas. Selain itu ada juga peserta yang mengeluh terkait pelayanan, dan kebanyakan keluhan tersebut adalah terkait prosedur. Disinlah saya sebagai Jurnalis Media yang mana berperan sebagai perpanjangan informasi kepada masyarakat tergerak untuk membantu menyampaikan informasi yang dibutuhkan kepada masyarakat. Dan benar saja, peserta mengakui bahwa ternyata pelayanan tidak ribet asalkan sesuai prosedur,” ungkap Oda, Selasa (12/9).

Loading...

Oda sering menyosialisasikan program JKN-KIS melalui program-program di Media RRI Ambon seperti radio, rri.co.id (KBRN), Dialog Aspirasi Maluku, dan juga secara individu. Membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang akurat, mengajak masyarakat untuk mendaftarkan dirinya dan keluarganya, serta menyadarkan masyarakat untuk rutin membayar iuran.

“Saya berinisiatif menyosialisasikan Program ini dengan alasan agar semua orang tahu manfaat JKN-KIS. Karena dengan begitu Cakupan Semesta (Universal Health Coverage) dapat terwujud dan secara otomatis mereka (masyarakat ekonomi menengah ke bawah) tidak perlu khawatir mencari biaya untuk pengobatan dikala sakit.

Mereka juga bisa ke dokter maupun rumah sakit untuk periksa kesehatan bukan hanya mengandalkan dukun di kampung. Dengan begitu semua orang sehat dan berumur panjang, Insya Allah. Menjadi peserta JKN-KIS bagi saya adalah kesempatan berharga karena merasa terlindungi di setiap waktu. Saya bangga bisa menjadi bagian dari program pemerintah ini karena dengan gotong royong semua tertolong. Semoga Program ini terus eksis dan semakin baik lagi untuk Indonesia yang lebih sehat,” tutupnya. Terima Kasih. (ADVETORIAL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *