Menkes RI: Stunting Bukan Soal Tubuh Pendek, Tapi Perkembangan Otak Anak

by
Menkes RI saat kunjungan di Ambon meminta para ibu fokus pada asupan gizi nutuk menekan stunting (8/4). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila Moeloek dalam kunjungan ke Ambon meminta para ibu benar-benar memperhatikan asupan gizi bagi anak. Hal itu untuk menekan angka kejadian anak stunting.

Stunting atau kekurangan asupan gizi menurutnya tidak dapat diartikan sederhana dengan pertumbuhan ukuran tubuh yang lambat. Seperti anak jadi pendek. Tapi lebih dari itu stunting berhubungan erat dengan pertumbuhan otak.

“Stunting itu bukan cuma tubuh pendek. Perempuan kalau pendek bisa pakai hak tinggi. Itu soal otak. Pertumbuhan otaknya yang penting,” papar Moeloek usai kegiatan di Hotel Santika Premiere Ambon, Senin pagi (8/4/2019).

Loading...

Moeloek mengatakan ibu harus serius memperhatikan asupan gizi anak sejak lahir hingga usia dua tahun. Itu merupakan masa emas yang rentan. ASI merupakan sumber gizi anak. Sampai pada masa usia tertentu saat anak diberi makanan tambahan pun perlu diperhatikan.

“Dukungan orang tua sangat penting. Gizi anak harus diperatikan,” tegasnya. Persoalan stunting yang masih terjadi di berbagai daerah salah satunya akibat keterbatasan sumber makanan sehat.

Seperti beberapa kasus yang terjadi di Maluku anak stunting akibat kurangnya gizi seimbang. Dia berharap hal ini mendapat perhatian orang tua pun bidan pendamping untuk mendampingi ibu. (PRISKA BIARHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *