Menko Maritim Dukung Lomba Balap Sepeda Internasional di Maluku

by
Menko Maritim menggelar pertemuan dengan Gubernur Maluku Said Assagaff di Jakarta, Rabu (22/3). FOTO : HUMAS PEMPROV MALUKU

AMBON РMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) RI, Luhut Binsar Panjaitan menyatakan dukungannya atas  pelaksanaan even lomba balap sepeda internasional Tour de Molvccas (TdM) yang akan melintasi trans Pulau Seram selama lima hari, 18 Р22 September 2017 mendatang.

“Pak Menko Maritim sangat mendukung pelaksanaan Tour de Molvccas, namun beliau menekankan pada kesiapan fasilitas hotel atau penginapan yang bakal dilalui peserta, termasuk kesiapan rumah sakit (RS), untuk mengantisipasi kemungkinan peserta yang mengalamin gangguan kesehatan ataupun kecelakaan,” ujar Kepala Bagian Humas Pemerintah Provinsi Maluku, Bobby Palapia, di Ambon, Rabu (22/3), terkait hasil pertemuan Gubernur Maluku Said Assagaff dan rombongan dengan Menko Maritim di Jakarta, Rabu pagi.

Menurut Bobby, pada pertemuan yang juga dihadiri Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Provinsi Maluku Anthonius Sihaloho, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Maluku Lutfi Rumbia, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Habiba Saimama dan Penjabat Walikota Ambon Frans J. Papilaya itu, Menko Maritim menekankan pentingnya kebersihan pantai dan laut serta jalanan yang akan digunakan.

“Beliau meminta sampah menjadi perhatian serius. Jangan ada sampah sepanjang jalur yang akan dilewati peserta Tour de Molvccas, ” ujar Bobby. Sementara mengenai fasilitas bermalam, jika di tempat pemberhentian jalur yang dilalui tidak tersedia hotel atau penginapan, menurut Bobby, Menko Maritim menyarankan agar bisa menggunakan rumah penduduk setempat (HomeStay), namun perlu diperhatikan kelayakan dan faktor yang paling utama yaitu kebersihan kamar mandi.

Lebih lanjut Bobby katakan, sampai saat ini sudah puluhan pembalap dari 38 negara mendaftar untuk memeriahkan kegiatan pariwisata berbasis olahraga ini. “Saya optimis, jumlah peserta bakal bertambah hingga mencapai lebih dari 100 pembalap, sebab panitia pusat intensif mempromosikan kegiatan tersebut,” katanya.(DED)