Menpora Akan Hadiri Apel Kebangsaan di Malra

by
Panitia Konferwil IV Gerakan Pemuda (GP) Ansor Maluku saat bertemu Gubernur

AMBON-Menteri Pemuda dan Olahraga RI, H. Imam Nahrawi, akan menghadiri apel kebangsaan dan pengibaran 5.000 bendera merah-putih di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) pada 9 Desember nanti. Apel kebangsaan ini merupakan rangkaian kegiatan Konferensi Wilayah (Konferwil) IV Gerakan Pemuda (GP) Ansor Maluku.Ketua GP Ansor Wilayah Maluku, Hanafi Renwarin mengatakan, pihaknya sudah mendapat konfirmasi dari Menpora soal jadwal kedatangannya di Malra pada 9 Desember 2016. Upaya mendatangkan Menpora juga didukung Bupati Malra Andarias Rentanubun, yang menghendaki Konferwil GP Ansor digelar di Malra.
Setelah menggelar Apel Kebangsaan, Menpora bersama GP Ansor, Pemkab Malra dan masyarakat setempat melaksanakan jalan santai, dilanjutkan pengibaran 5.000 bendera merah-putih dan pesta rakyat yang dipusatkan di Pantai Wisata Pasir Panjang Desa Ngilngof Kepulauan Kei Kecil, Malra. ”Setelah itu, Menpora dijadwalkan membuka pelaksanaan Konferwil IV GP Ansor di Langgur,” kata Hanafi kepada pers di Ambon, Selasa (15/11).
Ia menyatakan, apel kebangsaan akan diikuti 1.200 personil dari unsur Banser, Pemuda Katolik, OKP dan kemahasiswaan se-Kabupaten Malra dan Kota Tual. Apel kebangsaan untuk menunjukkan komitmen GP Ansor sebagai elemen pemuda dalam membangun negeri, serta memperkokoh semangat kebhinekaan dan kebangsaan bagi generasi muda Maluku.
Ketua Steering Committee Konferwil GP Ansor Maluku, M. Azis Tunny, menyatakan Konferwil adalah proses regenerasi kepemimpinan di tubuh GP Ansor Maluku, khususnya di tingkat wilayah. “Konferwil sebagai forum tertinggi, diharapkan dapat membangun kembali konsensus nasional di daerah terutama di kalangan warga GP Ansor, untuk ditetapkan dan dilaksanakan secara konsekuen dan konsisten pada periode kepengurusan mendatang,” tegasnya.
Terkait dengan itu, Ormas pemuda yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama (NU) ini melakukan roadshow ke berbagai stakeholder di Maluku, untuk silahturahmi dan sosialisasikan kegiatan tersebut. Diantaranya Gubernur Maluku Said Assagaff, Ketua DPRD Maluku Edwin Huwae, Rektor Unpatti Prof. Dr. M.J. Sapteno, SH, M.Hum. “Kami lakukan silahturahmi ke berbagai stakeholder untuk mensosialisasi kegiatan ini, sekaligus memperkenalkan GP Ansor di Maluku,” tandasnya. Selain itu, menurut Azis dalam Konferwil, pihaknya akan menggelar Seminar Nasional Kemaritiman di Kota Langgur, Malra. ”Seminar ini dilaksanakan sebagai komitmen GP Ansor dalam mendukung program nawacita Presiden Joko Widodo, sekaligus mendorong percepatan realisasi poros maritim dan implementasi lumbung ikan nasional di Maluku,” katanya.
Ketua DPRD Provinsi Maluku, Edwin Adrian Huwae, mengatakan, GP Ansor adalah pilar penjaga kebhinekaan di Indonesia yang masih komitmen hingga saat ini. Ia sangat mengapresiasi rencana GP Ansor melaksanakan Apel Kebangsaaan di Malra. ”Saya senang sekali bisa bertemu kawan-kawan, karena Ansor adalah salah satu pilar penjaga kebhinekaan Indonesia. Saya berharap apel kebangsaan juga nantinya dapat dilaksanakan di Kota Ambon,” kata Edwin saat menerima kunjungan silahturahmi pengurus GP Ansor Maluku.
Di tempat terpisah, Rektor Unpatti Prof. Dr. M.J. Sapteno, SH, M.Hum saat menerima kedatangan pengurus GP Ansor di ruang kerjanya berharap Ansor dapat mengawal proses pengelolaan sumberdaya alam di Maluku, terutama dalam mendorong peningkatan sumberdaya manusia di daerah. ”Kalau bisa Ansor juga bisa mengawal proses percepatan izin pendirian Fakultas Teknik Pertambangan di Universitas Pattimura yang lagi diproses di Kementerian Ristek dan Dikti RI,” katanya didampingi Wakil Rektor II Dr. Jantje Tjiptabudi, SH, M.Hum (IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *