Mensos Bagikan Bantuan ke Pengungsi Korban Gempa di Tulehu

by
Mensos bagikan bantuan kepada pengungsi korban gempa di Negeri Tulehu, Maluku Tengah, Kamis (28/11/2019). FOTO : ALFIAN SANUSI

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Menteri Sosial (Mensos) RI, Juliari Peter Batubara mengunjungi pengungsi korban gempa bumi di Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Kamis (28/11/2019).

Dalam kunjungan tersebut, secara simbolis Mensos memberikan bantuan dengan total bantuan sebesar Rp 1,75 milyar kepada pengungsi bencana gempa di wilayah Maluku. Bantuan juga dalam bentuk Sembako kepada pengungsi yang dilakukan secara simbolis oleh Mensos.

Mensos mengatakan, kunjungan  dan bantuan terebut untuk dapat meringankan beban para pengungsi korban gempa yang terjadi di Maluku beberapa waktu lalu. “Ini semua untuk meringankan beban para pengungsi dengan harapan kondisi transisi darurat berakhir dan para pengungsi bisa kembali ke rumahnya masing-masing dan menjalankan kehidupan dengan normal,” katanya.

Menurut Mensos bantuan tersebut akan dibagikan kepada para pengungsi sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing.”Jumlah keseluruhan bantuan yang kita bagikan itu ada 2 ribu paket sembako,” ungkapnya.

Dia mengaku, Presiden Jokowi berpesan kepadanya agar penanganan bagi pengungsi saat ini bisa memasuki masa pemulihan. Ini dilakukan agar pengungsi mendapatkan bantuan lainnya. Namun lanjut Mensos, semua itu hak dari Pemerintah Provinsi Maluku untuk menentukan statusnya.

loading...

“Sehingga bantuan-bantuan seperti jaminan hidup dan yang lain bisa segera kita kucurkan. Ini bisa dilakukan jika status penanganan pengungsi masuk tahap pemulihan, namun semua tergantung pemerintah daerah” ujarnya.

Sebelum membagikan Sembako kepada pengungsi, Mensos yang didampingi sejumlah pejabat ini bermain dan belajar dengan anak-anak di lokasi pengungsian. (ALFIAN SANUSI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *