Mensos Tri Rismaharini Apresiasi Peran Tagana yang Berkontribusi Positif Tangani Bencana

by

TERASMALUKU, Suara.com – Taruna Siaga Bencana (Tagana) merupakan produk kearifan lokal, yang telah membuktikan kehadirannya dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dalam penanganan bencana. Hal ini diungkapkan Menteri Sosial (Mensos), yang mengapresiasi peran dan pengabdian Tagana penanganan bencana.

“Tagana  merupakan bentuk atau produk kearifan lokal. Pengabdian dan kontribusinya sangat membanggakan. Di Simeuleu (Aceh), yang harusnya paling parah akibat tsunami, korban yang dilaporkan hanya 4 jiwa. Ini tidak lepas dari kuatnya peran kearifan lokal, termasuk di dalamnya Tagana, ” katanya dalam Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Tagana ke-17 Bhakti Sosial dan Jambore Nasional di Plaza Pantai Timur Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (31/3/2021).

Saat itu, Mensos didampingi Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Pepen Nazaruddin, Dirjen Penanganan Fakir Miskin Asep Sasa Purnana, dan Sekretaris Dirjen Linjamsos Robben Rico. Hadir pula Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Dalam kunjungan ke kawasan bencana, Risma mendengar laporan bahwa Tagana dari daerah lain biasa tergerak membantu rekannya yang tengah bertugas di lokasi bencana.

“Mereka tanpa dipanggil sudah dengan inisiatif sendiri ikut membantu. Dirgahayu Tagana ke-17,” katanya.

“Tagana dari daerah sekitar, biasa datang dan ikut membantu. Mereka bekerja tidak kenal lelah, dari pagi sampai malam, ” katanya.