Mentan Disambut Meriah di Seram Bagian Timur

by
Mentan disambut warga SBT

AMBON-Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman disambut meriah warga Seram Bagian Timur (SBT) saat berkunjung ke daerah itu Rabu (14/9) sore. Mentan  yang didampingi Gubernur Maluku Said Assagaff, Pangdam 16 Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, Wakil Bupati Maluku Tengah (Malteng) M. Leleuri disambut Bupati Mukti Keliobas dan Wakil Bupati SBT, Fahri Alkatiri di perbatasan SBT dan  Kabupaten Malteng. Rombongan Mentan disambut secara  adat oleh warga setempat.

Selain itu, di sepanjang jalan yang dilalui, anak – anak SD hingga SMA membuat pagar hidup dan melambaikan bendera merah putih kepada rombongan Mentan. Tiba di lokasi penanaman jagung dan sukun, Mentan juga disambut taria adat Dabus oleh warga adat SBT. “Seluruh masyarakat SBT menyampaikan terimah kasih kepada Pak Menteri yang sudah mau mengunjungi daerah kami, ini kehormatan bagi kami. Semoga kunjungan ini memberi manfaat sebesar-besarya bagi kesejahtraan masyarakat kami,” kata Bupati saat sambutan menyambut kedatangan Mentan itu.

Mentan juga memberikan bantuan  lima unit traktror ukuran besar, pompa air untuk petani dan benih  untuk peningkatan produksi pertanian di wilayah itu. Di Kabupaten SBT, Mentan akan menggelar sejumlah kegiatan. Selain tanam jagung dan  sukun, Mentan juga pada Kamis (15/9) menggelar pertemuan dengan para raja dan kepala desa di wilayah Kabupaten SBT dan sebagian dari Malteng.

Pertemuan  untuk membahas pencetakan lahan sawah baru dan lahan jagung untuk ditanami. Tahun depan, Kementrian Pertanian mengalokasikan anggaran untuk penanaman jagung di atas  lahan sekitar 100 ribu hektare di Wilayah Maluku.  Sementara pencetakan sawah baru untuk tahun 2017 ini, dengan luas areal sekitar 1.000 hektare.ADI