Menteri Agama: 1 Syawal 1441 Hijriah Pada Minggu 24 Mei 2020

by
Menteri Agama, Fachrul Razi dalam keterangan pers usai sidang isbat menyatakan 1 Syawal 1441 Hijriah pada Minggu 24 Mei 2020, (22/5). FOTO: kemenagsultra

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Laporan pemanataun hilal dari sejumlah daerah menyatakan tidak melihat hilal. Olehnya itu Menteri Agama Menteri Agama, Fachrul Razi menyatakan bahwa 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020 usai menggelar sidang isbat.

Hal itu disampaikannya pada keterangan pers di usai sidang isbat petang Kementerian Agama di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, Jl, MH. Thamrin No.6, Jakarta Pusat, (22/5/2020).

Dalam keterangan pers itu, Fachrul menyebutkan jika laporan dari berbagai daerah bahwa hari ini tidak melihat adanya hilal atau bulan baru. “Semua melaporkan tidak melihat hilal sebagaimana dilaporkan direktur urusan agama islam pembinaan syariat,” terang Fachrul melalui video conference usai Sidang Isbat di kanal Youtube Kemenang RI sore tadi.

Loading...

Dia merinci hasil sidang yang menjelaskan posisi hilal. Ketinggian hilal di seluruh wialyah Indonesia berada di bawah ufuk antara -5 derajat 17 menit sampai -3 derajat 58 menit. Ini adalah posisi hilal berdasarkan hisab.

“Oleh karenanya dengan dua hal tadi, Hisab posisi hilal masih di bawah ufuk dan laporan pemanataun hilal tidak melihat hilala karenanya sidang isbat secara bulat menytakan bahwa 1 Syawal jatuh pada hari Ahad, Minggu tanggal 24 Mei 2020,” tegasnya.

Dia juga menambahkan bahwa Saudia Arabia juga merayakan Idul fitri di waktu yang sama dengan Indonesia. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *