Menteri Edhy Serahkan Sejumlah Bantuan Untuk Nelayan di PPN Ambon

by
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyerahkan sejumlah bantuan untuk nelayan yang dipusatkan di PPN Ambon, kawasan Tantui,Senin (31/8/2020). FOTO : HUMAS KKP

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Hari kedua kunjungan kerja di Kota Ambon, Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo mengunjungi Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tantui Ambon untuk menyerahkan sejumlah bantuan dan berdialog dengan nelayan.

BACA JUGA : Menteri Edhy Prabowo : Kalau LIN Tidak Direalisasi, Gubernur Akan Telepon Marah-Marah

Bantuan-bantuan yang diserahkan Menteri Edhy ini diantaranya, penyerahan Sertifikat Radio Kapal Nelayan, Sticker Kanal Frekuensi dan Buku Panduan sejumlah 2 sertifikat kepada Nakhoda kapal nelayan KM. Kurnia Ilahi 05 berbobot 21 GT dan KM. Air Manis 04 berbobot 28 GT.

Selanjutnya, paket Bantuan Sembako kepada nelayan sebanyak 1.000 paket senilai Rp 150.000.000. Kemudian, kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan nakhoda dan ABK sebanyak 704 orang dan santunan klaim jaminan kematian BPJS Ketenagakerjaan di tahun 2020 sebanyak 1 orang senilai Rp. 42.000.000.

Loading...

Tidak hanya itu, Menteri Edhy juga menyerahkan bantuan alat komunikasi dan rompi untuk 3 kelompok Masyarakat Pengawas (pokmaswas) yakni Pokmaswas Tela Sona Pulau Haruku Maluku Tengah, Pokmaswas Hena Berkarya Kabupaten Seram Bagian Barat dan Pokmaswas Galala Kota Ambon.

Selain itu, juga diserahkan bantuan permodalan BLU LPMUKP sebesar Rp 1,570 miliar. Bantuan-bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Menteri Edhy Prabowo, Gubernur Maluku, Murad Ismail, anggota DPR RI asal Maluku Abdullah Tuasikal, anggota DPD RI asal Maluku Anna Latuconsina.

Dalam sambutannya, Menteri Edhy mengatakan bantuan-bantuan dari KKP baik itu BLU dapat diakses kapan saja oleh nelayan. “Sedangkan bantuan lewat APBN sedang kami olah terus, kami akan bangun pelabuhan-pelabuhan yang dulu kurang diperhatikan, kurang cold strorage, kapal-kapal, alat tangkap, alat navigasi untuk mengetahui kebedaraan ikan,”ujarnya.

Disamping itu, kata Menteri Eddy, KKP juga membantu sarana pendidikan bagi anak-anak nelayan untuk bisa menjadi mahasiswa di Polteknik Perikanan Ambon. “Kita bangun disini sehingga anak-anak nelayan bisa menjadi mahasiswanya tanpa harus dipungut biaya,”tandasnya. (Ruzady Adjis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *