Menteri ESDM Undang Kepala Daerah di Maluku Bahas Blok Masela

by

AMBON-Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said  akan membahas Blok Masela dengan Gubernur Maluku Said Assagaff bersama seluruh bupat dan walikota se Maluku di Kantor Kementrian ESDM pada Selasa (12/5).

Pertemuan yang diundang Menteri Sudirman ini sebagai tindak lanjut  dari keputusan Presiden Joko Widodo atas pengolahan Blok Migas Masela dilakukan di darat.  Pentingnya pertemuan itu, gubernur minta bupati dan walikota se Maluku hadir dalam  pertemuan nanti.

“Kami bersama Bupati dan Walikota se Maluku diundang Menteri BUMN untuk membahas masalah Blok Masela di kantornya Selasa nanti. Pertemuan ini sangat penting membahas  kesiapan Maluku  menghadapi pembangunan dan  pengolahan  Blok Masela,”kata Gubernur Maluku Said Assagaff kepada wartawan usai menutup Musrembang Provinsi Maluku diatas  KM. Dorolonda dalam pelayaran  dari Ternate ke  Ambon, Sabtu (9/4).

Gubernur menyatakan, dalam pertemuan nanti pihaknya bersama kepada daerah se Maluku akan menyampaikan kesiapan dan langkah –langkah yang akan dilakukan Provinsi Maluku menyambut pengolahan Blok Masela.

Diantaranya,lokasi pembangunan kilang Blok Masela, apakah di wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya atau Kabupaten Maluku Tenggara Barat,   kesiapan Sumber Daya Manusia dan masalah lainnya yang sangat dibutuhkan. Gubernur minta Bupati dan Walikota se Maluku agar hadir dalam pertemuan itu, tanpa mewakili pejabat lainnya.

Ia juga menyatakan, sebelumnya ia mengagendakan memanggil Bupati dan Walikota se Maluku untuk membahas masalah Blok Masela. Namun ternyata Menteri ESDM lebih awal mengundang Gubernur bersama Bupati dan Walikota se Maluku menggelar pertemuan di kantornya. “Ini pertemuan sangat penting untuk kesiapan dan kelanjutan Blok Masela, karena itu saya minta bupati dan walikota  tidak boleh mewakili pertemuan ini,” katanya.ADI