Menteri Susi : LIN Untuk Maluku Tergantung Presiden

by
Menteri Susi : LIN Untuk Maluku Tergantung Presiden
Menteri Susi didampingi Sekda Maluku Hamin Bin Taher di Desa Morella, Jumat (16/12). Foto : Nurdin Tubaka

AMBON-Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti menegaskan program Lumbung Ikan Nasional (LIN) untuk Pemerintah Provinsi Maluku menjadi kewenangan penuh Presiden Joko Widodo (Jokowi).Menurut Menteri Susi, dokumen terkait LIN sudah ada, namun belum bisa dipastikan apakah dia jalan atau tidak, karena seluruh kewenangan itu ada pada Presiden.
“Saya sih tergantung Presiden, karena kata Presiden ada lembaga-lembaga yang akan dibubarkan. Prinsipnya, saya tidak tau bagaimana caranya. Yang pasti tergantung arahan Presiden,” kata Susi menjawab wartawan saat menghadiri acara peresmian Ekowisata Kebun Kima di Desa Morela, Jumat (17/12).Meski begitu dia mengakui, beberapa menteri sudah menandatangani dokumen LIN tersebut. Namun pihaknya tetap berkoordinasi lebih awal dengan Presiden.
Ditanya, apakah LIN yang diperjuangkan Pemerintah Maluku jadi atau tidak, Menteri Susi hanya mengangkat tangan sambil menggeleng kepala. “Saya tidak tauh, itu kebijakan Presiden melalui Pepres. Menteri hanya merekomendasi saja,” ujarnya lagi.
Menerut Menteri Susi, sebetulnya program pemerintah adalah pembangunan dan tidak perlu ada nama, simbol maupun sebagainya. Artinya, lanjut dia kalau memang harus LIN, kira-kira programnya seperti apa.“Pemerintah Jokowi sedang mengurangi lembaga-lembaga dan lainnya. Karena mereka ingin melakukan pembangunan secara langsung dan tanpa retorika berlebihan. Nama tidak penting, yang penting adalah programnya,” ujar Menteri Susi.
Di sisi lain, Menteri Susi menyatakan, dalam tahun ini pihaknya sedang fokus menjalankan progran anggaran setiap pulau Rp100 milyar. Anggaran ini akan dikelolah oleh pemerintah kabupaten. “Dalam tahun ini, kita anggarkan sekitar 12 pulau dengan total anggaran masing-masing Rp100 milyar. Beberapa diantaranya, telah kita anggarkan,” katanya. (DIT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *