Mercy Barends Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan Bagi Masyarakat SBT

by
Peserta ikuti materis sosialisasi 4 pilar berbangsa dan bernegara yang disampaikan oleh Anggota Komisi VII DPR RI, Mercy Barends. Foto : Sofyan

TERASMALUKU.COM,-BULA-Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Mercy Chriesty Barends sosialisasikan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara untuk masyarakat di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Kamis (18/2/2021).

Dalam memberikan sosialiasi ini, legislator dari Fraksi PDI-Perjuangan ini memberikan materi secara virtual yang diikuti puluhan peserta dari kalangan mahasiswa, pengurus DPC PDI-P SBT maupun masyarakat di Hotel Surya Kota Bula.

Sosialisasi empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yakni pancasila sebagai dasar dan idiologi negara, Undang-Undang Dasar (UUD) RI tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara itu ini kata Mercy merupakan tugas dan kewajiban serta tanggungjawab DPR.

Empat pilar kebangsaan ini lanjut  Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan Maluku itu agar jangan sampai tidak dimplementasikan dalam kehidupan keseharian.

Sehingga sosialisasi ini menurutnya sangat penting agar jangan sampai masyarakat Indonesia dan masyarakat SBT pada khususnya lupa mengamalkan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Empat pilar kebangsaan ini harus kita implementasikan di keseharian kita,”sebutnya.

Apalagi saat ini tantangan yang dihadapi adalah pengaruh globalisasi dan kapitalisme. “Saat ini kehidupan kita dipengaruhi oleh arus globalisasi yang sangat kencang. Ditambah lagi dengan pengaruh kapitalisme atau pemilik modal. Jagan sampai kita terbawa dan melupakan empat pilar besar itu,”ingatnya.

Untuk itu Mercy Barends mengharapkan bagi peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut dapat memberikan pemahaman ke masyarakat sekitar agar sama-sama mengamalkan empat pilar kebangsaan dalam hidup dan kehidupan sehari-hari.

Sementara itu Ketua DPC PDI Perjuangan SBT Arobi Kelian memberikan apresiasi penuh atas kegiatan tersebut.

Dirinya berharap materi yang disampaikan narasumber, dapat diimplementasikan serta dilanjutkan untuk disosialisasi ke khalayak luas. “Apa yang disampaikan dalam pertemuan ini semoga bermanfaat bagi kita masyarakat SBT pada khususnya,” singkatnya.

Sejumlha narasumber lain yang hadir memberikan materi dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kapolres SBT yang diwakili Kasat Binmas Polres SBT, AKP Baharuddin. Ketua Komisi A DPRD SBT Muhammad Umar Gassam. (Sofyan)