Meski Alami Insiden Kandas, KM. Tidar Tak Alami Kerusakan Fatal

by
KM. TIDAR lepas jangkar di dalam teluk Kolam bandar sekitar 400 meter dari Dermaga Pelabuhan Laut Namlea, Kabupaten Buru, Rabu (28/7/2021) pasca lolos dari lokasi kandas. Foto : Humas Polres Buru

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Manager Operasional PT. Pelni Ambon, Muhammad Assagaff menyebutkan tidak ada kerusakan fatal pada KM. Tidar meski alami insiden kandas di perairan Pelabuhan Namlea, Kabupaten Buru.

BACA JUGA : KM. Tidar Kandas di Perairan Namlea, Kabupaten Buru

BACA JUGA : Dihantam Angin dan Jalur Sempit Faktor Penyebab KM. Tidar Kandas di Namlea

Setelah dua hari kandas, kapal milik PT. Pelni Persero berbobot 13 Gross ton itu akhirnya berhasil lolos dari lokasi kandas pada Rabu pagi sekitar pukul 04:00 WIT.

BACA JUGA : KM. Tidar Berhasil Lepas dari Lokasi Kandas

Manager Operasional PT. Pelni Ambon, Muhammad Assagaff. Foto : Istimewa

“Saya sementara menunggu berita acara, tapi kalau lihat informasi dari Kepala Operasi (Pelni) Namlea itu itu nggak ada masalah. Itu informasi secara lisan,”ungkap Assagaff saat diwawancarai Rabu (28/7/2021) siang.

Hanya saja lanjut dia, Pelni Ambon masih menunggu berita acara resminya untuk selanjutnya di laporkan ke Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). “Karena dari hasil marine semua data yang saya minta untuk diteruskan ke BKI, dia bilang nggak ada kerusakan apa-apa. Jadi sementara lagi dibuatkan (berita acara pemeriksaan),”sambungnya.

Rencananya, KM. Tidar akan bertolak dari Pelabuhan Namlea sekitar pukul 16:00 WIT Rabu sore ini menuju pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Kapal ini akan mengakut penumpang yang pada Selasa malam tidak diangkut KM. Pangrango karena kelebihan kapasitas angkut.

BACA JUGA : Penumpang KM. Tidar Kandas di Namlea Akan Diangkut KM. Pangrango

“Kan kita batalkan karena takut lebihi kapasitas, jadi sementara itu belum tahu tapi ada, jadi kembalikan lagi, kita kasi naik lagi,”bebernya.

KM. Tidar direncanakan tiba di Ambon Rabu malam. “Estimasi kapal jam 16:00 WIT lepas dari Namlea. Rencana itu tiba di Ambon sekitar jam 10-11 malam (22:00-23:00 WIT),”terangnya.

Apakah akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut saat KM. Tidar tiba di Ambon, Assagaff mengaku sudah lagi. “Sampai di Ambon tidak lagi lakukan pengecekan, tidak lagi, langsung oper aja,”tandasnya. (Ruzady)