Meski Dihadang Pedagang, Pembongkaran Pasar Mardika Terus Berjalan

by
Para pedagang Pasar Mardika yang memprotes pembongkaran pasar terlibat kericuhan dengan petugas Polisi Pamong Praja Kota Ambon, Kamis (24/6/2021). Meski diprotes namun pembongkaran Pasar Matrdika untuk direvitalisasi tetap berjalan. FOTO : ALFIAN

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon kembali melakukan pembongkaran kawasan Pasar Mardika Ambon, Kamis (24/6/2021).

Pembongkaran diwarnai aksi penolakan dari pedagang kaki lima di pasar tradisional terbesar di Kota Ambon itu.

BACA JUGA : Pedagang Gedung Putih Siap Pindah, Sepakati Sewa Kios Rp 3 Juta

Pantauan Terasmaluku.com, di Pasar Mardika Ambon, sebuah alat berat dikerahkan untuk membongkar lapak pedagang kaki lima dan Gedung Pasar Mardika.

Dalam pembongkaran ini, sejumlah mahasiswa dan pedagang melakukan aksi penolakan. Mereka memprotes penggusuran lapak pedagang.

Sempat terjadi kericuhan antara pedagang dengan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkot Ambon.

Salah seorang pedagang, Azhar Ohorella, dalam aksi protesnya mengatakan, pedagang sangat menyetuji pembongkaran Pasar Mardika untuk direvitalisasi dengan pasar yang baru.

Namun, pedagang kaki lima meminta pemerintah menyediakan tempat yang layak untuk mereka bisa berjualan ketika pasar dibongkar.

“Kami meminta untuk menyediakan tempat untuk berdagang sementara di Benteng Victoria,” kata pedagang.

Dia mengatakan, saat aksi yang dilakukan di Balai Kota Ambon, Walikota Richard Louhenapessy menjanjikan untuk memberikan tempat di Benteng Victoria, setelah melakukan koordinasi dengan Gubernur Maluku Murad Ismail.

“Kita hanya minta janji Walikota untuk diberikan lokasi alternatif, karena mereka tidak mau berjualan di Pasar Passo,” Azhar Ohorella.

Pedagang dan mahasiswa menahan alat berat agar tidak melanjutkan pembongkaran. Namun akhirnya pembongkaran tetap dilanjutkan petugas.

Diketahui pembongkaran Pasar Mardika dilakukan untuk merevitalisasi pasar yang harus dilakukan mulai Juni 2021 ini.

Selama waktu revitalisasi pasar Mardika, pedagang untuk sementara dipindahkan ke sejumlah lokasi termasuk ke Pasar Transit Passo. (ALFIAN)