Meski Sudah 70 Persen, Walikota Masih Pikir Lagi Sekolah Tatap Muka

by
Walikota Ambon Richard Louhenapessy. FOTO : MCAMBON

TERASMALUKU.COM, AMBON, – Walikota Ambon Richard Louhenapessy masih mempertimbangkan kebijakan sekolah tatap muka meski capaian vaksin sudah 70 persen.

Dia mempertimbangkan ada kemungkinan paparan antarsiswa yang ditularkan ke rumah. Terutama saat proses bermain atau jam istirahat.

“Kalau di sekolah mereka bermain tanpa bisa kontrol, misalnya ada terindikasi terpaparan misalnya pulang kerumah itu bisa kenal buat orang tua,” terangnya, Senin (6/9/2021).

Dia mempertimbangkan jika akan dimulai kelas tatap muka, kemungkinan hanya untuk kelas tertentu. Yakni untuk kelas yang ada di masa ujian.

“Kalau sampai 70 persen, baru kita ambil kebijakan untuk offline, tapi nanti saya akan lihat mungkin dulu untuk sekolah kelas ujian yang diprioritaskan, baru yang lain perlahan-lahan,” jelas Richard.

Saat ini Dinas Kesehatan Kota Ambon terus menggencarkan vaksinasi kepada anak usia sekolah. Yakni untuk mencapai angka capaian vaksin 70 persen.

Harapannya jika sudah tercapai kekebalan komunitas, aktivitas anak- anak pun lebih terlindungi.

Sementara itu Kementerian Pendidikan baru memberikan kebijakan 163 kabupaten kota untuk sekolah tatap muka. Belum termasuk di Maluku dan Kota Ambon.

“Untuk itu saya betul meminta dukungan dari orang tua murid untuk memberikan surat keterangan tidak keberatan untuk anaknya divaksin,” lanjut Walikota dua periode itu.

Nantinya jika anak sudah divaksin, selanjutnya orang tua yang belum jug divaksinasi. (PRISKA BIRAHY)