MN Ishak Rianjar Masih Berpeluang Tembus 3 Besar Kategori Senior Terbuka

by
Pertandingan antara pecatur Maluku, MN Ishak Rianjar (kiri) menghadapi pecatur Jawa Timur, FM Pitra Andika pada babak 6 kategori Senior Terbuka Kejurnas Catur ke-48 yang berlangsung di Islamic Center, Ambon, Maluku, Selasa (29/10/2019) berakhir dengan hasil remis. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON–Pecatur Maluku Master Nasional (MN) Ishak Rianjar masih berpeluang menembus tiga besar Kategori Senior Terbuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur ke-48. Hingga babak 6 yang digelar di Islamic Center, Ambon, Maluku, Selasa (29/10/2019) malam, Ishak Rianjar berada di posisi 7 dari 70 peserta yang mengikuti kategori tersebut.

Jika Ishak Rianjar mampu meraih kemenangan di dua babak tersisa yang baru akan dipertandingkan, Rabu (30/10/2019), maka ia bakal menempati posisi 3 besar. Sebelumnya, hingga babak 5, Ishak Rianjar menempati peringkat 4 dari 70 peserta. Posisinya sedikit melorot, akibat harus bermain remis (draw) dengan FIDE Master (FM) Pitra Andika dari Jawa Timur.

Akibat berbagi angka 0,5 tersebut, membuat Ishak Rianjar menempati peringkat ke-7 dengan mengantongi 4,5 poin. Posisi teratas sementara di Kategori Senior Terbuka, saat ini ditempati 3 pecatur Jawa Timur yaitu FM Pitra Andika, FM Muhammad Agus Kurniawan dan FM Catur Adi Sagita. Ketiga pecatur tersebut sama-sama mengantongi 5 poin.

Ishak Rianjar kepada wartawan usai pertandingan tersebut mengaku dirinya terburu-buru dalam menyelesaikan pertandingan babak 6 melawan Pitra Andika dari Jawa Timur.“Dari posisi bidak catur tadi itu sebenarnya saya berpeluang besar untuk memenangkannya, namun karena terlalu buru-buru untuk menyelesaikan pertandingan membuat hasil akhirnya remis,” ungkapnya.

Loading...

Dikatakan, untuk Kategori Senior Terbuka masih menyisakan dua babak pertandingan lagi. “Kategori Senior Terbuka masih menyisakan dua babak lagi yang akan digelar Rabu (30/10/2019). Saya akan berupaya memenangkan dua babak tersisa sehingga memberikan yang terbaik bagi Provinsi Maluku. Intinya saya harus konsentrasi penuh dan tidak boleh salah langkah,” katanya.

Dijadwalkan pada pertandingan babak 7 yang akan berlangsung Rabu (30/10/2019), Ishak Rianjar yang memiliki rating 2147 akan menghadapi MN Abdul Azis (Sulawesi Tengah). Abdul Azis yang memiliki rating 2208 saat ini berada di peringkat 11 dengan mengantongi 4 poin. Sebagaimana diketahui, diantara 268 pecatur dari 28 provinsi yang ikut serta, Pengprov Percasi Maluku mengikutsertakan 32 pecatur.

Kejurnas yang akan berlangsung hingga 30 Oktober tersebut mempertandingkan 16 nomor atau kategori yang terdiri dari Kategori Terbuka (tanpa batasan usia), Kategori Wanita (tanpa batasan usia), Junior A Terbuka/Putri U19 (kelahiran tahun 2000 dan sesudahnya), Junior B Terbuka/Putri U17 (kelahiran tahun 2002 dan sesudahnya), Junior C Terbuka/Putri U15 (kelahiran tahun 2004 dan sesudahnya), Junior D Terbuka/Putri U13 (kelahiran tahun 2006 dan sesudahnya), Junior E Terbuka/Putri U11 (kelahiran tahun 2008 dan sesudahnya), Junior F Terbuka/Putri U9 (kelahiran tahun 2010 dan sesudahnya), Junior G Terbuka U7 (kelahiran tahun 2012 dan sesudahnya) serta Kategori Veteran U55 (kelahiran tahun 1964 dan sebelumnya).(ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *