MRI-ACT Melakukan Pelayanan Kesehatan dan Penyuluhan di Malteng

by
Tim Medis Aksi ACT dan masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Maluku, melakukan Pelayanan Kesehatan dan penyuluhan gratis di Dusun Waipot Desa Wakal Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah Rabu (12/2/2020). FOTO : ACT MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Tim Medis Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Maluku, melakukan Pelayanan Kesehatan dan penyuluhan gratis di Dusun Waipot Desa Wakal Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, pada Rabu (12/2/2020).

Penyelanggaraan Pelayanan Kesehatan ini untuk meningkatan dan memelihara kesehatan para masyarakat Waipot, sebanyak 51 orang yang melakukan pemerikasaan kesehatan dan penyuluhan. Diantaranya 10 anak- anak, 20 orang dewasa dan 21 lansia melakukan pelayanan. Karena kurangnya kebersihan membuat banyak anak-anak mengalami derita gatal-gatal dan banyak dewasa dan lansia mengalami derita penyakit osteoarthritis atau mengamali sakit nyeri sendi.

Sarah Vanessa Saija, Dokter ACT Maluku mengakatan kurangnya kebersihan diri anak-anak membuat mereka mudah terserang penyakit gata-gatal.  Dan pekerjaan warga adalah berkebun sehingga banyak yang mengalami nyeri sendi seperti sakit di lutut dan nyeri pinggang.

“Masyarakat mengaku sejak tahun 2017 hingga 2020 mereka jarang mendapatkan pelayanan kesehatan dari Puskesmas utama di Desa Wakal. Mereka harus berjalan sejauh 4 km menuju Puskesmas pembantu di Dusun Telaga Kodok untuk pemeriksaan kesehatan rutin di tiap awal bulan,” kata Sarah.

Wasina, salah satu warga Waipot yang melakukan pemeriksaan kesehatan menuturkan, pekeriksaan kesehatan yang di lakukan MRI-ACT Maluku sangat berdampak baik dan bermanfaat. “Kita jarang melakukan pemeriksaan kesehatan. Kami warga Waipot merasa terbantu dengan pemeriksan kesehatan kami juga berharap agar Pelayanan Kesehatan seperti ini dapat berjalan dua bulan sekali di Dusun Waipot,” ungkap Wasina.

Setelah melakukan pemerikasan kesehatan tim medis ACT-MRI Maluku melangsungkan kegitan dengan melakukan penyuluhan PHBS yaitu perilaku hidup bersih dan sehat, agar para warga dapat mengetahui hidup bersih dan sehat, dengan cara mencuci tangan yang baik dan mandi dua kali sehari. (ADV)