MTQ Tingkat Provinsi di Bursel Akan Dimeriahkan 762 Peserta

by
Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulisa

NAMROLE-MUSABAQAH Tilawatir Qur’an (MTQ) ke XXVII Tingkat Provinsi Maluku yang akan berlangsung 30 April  hingga 6 Mei 2017 di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) akan dimeriahkan 762 peserta dari 11 kabupaten/kota di Maluku.  Itulah data yang diterima Terasmaluku.com dari panitia MTQ Tingkat Provinsi Maluku.

Rincian peserta dari  11 kabupaten/kota itu yakni,   Kota Ambon 60 peserta, Kabupaten Maluku Tengah 70 peserta, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBT)  75 peserta. Kabupaten Seram Bagian Barat dengan  160 peserta, Kabupaten Kepulauan  Aru, 47 peserta, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) 45 peserta, Kabupaten Maluku Barat Daya 10 peserta.

Loading…

Kabupaten Buru 78 peserta, Kota Tual  94 peserta, Maluku Tenggara (Malra) 63 peserta dan tuan rumah, Kabupaten Buru Selatan (Bursel) 60 peserta. Sementara  dewan hakim MTQ   berjumlah 75 orang. Jumlah tersebut belum termasuk tamu undangan lainnya yang akan datang ke Bursel.

Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulisa mengatakan, momentum MTQ ke XXVII Provinsi Maluku  tahun ini merupakan potret kerukunan umat beragama yang hakiki. Bupati memberikan apresiasi kepada semua pihak terutama umat agama lain yang berpartisipasi mensukseskan MTQ di Bursel.

“Saya melihat partisipasi seluruh umat beragama  dan kerjasama tercermin mulai dari perencanaan dan diharapkan pada puncaknya dapat berlangsung sukses. Lewat dukungan dan partisipasi semua pihak, baik tingkat provinsi dan kabupaten, Alhamdulillah  Bursel siap gelar MTQ.  Saya mengacungkan jempol terkait partisipasi dan dukungan yang diberikan umat non muslim di daerah dalam mensukse MTQ,” kata Tagop kepada wartawan, Rabu (26/4) di Namrole.

Sementara itu sesuai jadwal pada 27 April 2017 akan dilakukan penjemputan dewan hakim di Bandara Namrole, Bursel  dan penerimaan secara  resmi khafilah MTQ di Pelabuhan Namrole, serta silahturahim dan  oreintasi dewan hakim pada penginapan yang sudah ditentukan.

Pada 28 April 2017, peserta akan mengikuti technikal meeting pengambilan nomor berlokasi di Kantor Bupati dan  pada 29 April  akan dilakukan pawai ta’aruf pada arena utama MTQ  serta malam ta’aruf pada lokasi yang sama. Pada 30 April akan dilakukan penjemputan Gubernur Maluku Said Assagaff atau  Wakil  Gubernur Zeth Sahurua  dan dilanjutkan dengan proses pelantikan dewan hakim di Aula Kantor Bupati.

Di tanggal yang sama, akan dilakukan pembukaan pameran dan dilanjutkan dengan Pembukaan MTQ di arena utama. Tanggal 1 Mei 2017, akan dilakukan pembukaan Rakerda LPTQ di Aula Kantor Bupati. Dimana, tanggal 1 Mei 2017 sampai dengan tanggal 5 Mei 2017 merupakan waktu pelaksanaan MTQ.

Sedangkan, pada tanggal 2 Mei 2017 merupakan agenda pemulangan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua. Sementara, pada tanggal 6 Mei 2017, akan dilakukan penerimaan Ketua DPRD Provinsi Maluku di Bandara Namrole dan dilanjutka dengan acara Rekreasi Wisata di Pantai Wamsoba dan dilanjutkan dengan acara penutupan MTQ. Selanjutnya, pada tanggal 7 Mei 2017 akan dilakukan pemulangan Ketua DPRD Provinsi Maluku melalui Bandara Namrole dan pemulangan Khafilah melalui Pelabuhan Namrole. (FIK)