MUI Titip Perjuangan Embarkasi Haji ke Anggota DPR RI

by
Anggota DPR RI Fraksi PKS Saadiah Uluputty bersilaturahmi dengan MUI Maluku, Senin (27/7/2020). FOTO : PKS MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON,-Desakan untuk percepatan pembangunan Embarkasi Haji Antara (EHA) di Kota Ambon disuarakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku. Hingga 2020, keinginan untuk terwujudnya EHA belum memiliki titik terang.

Penyampaian tersebut dilontarkan pengurus MUI Maluku saat menerima kunjungan silaturahmi dan serap aspirasi tokoh dan ormas pada reses anggota DPR RI Fraksi PKS Dapil Maluku, Saadiah Uluputty di Kantor MUI Maluku, Senin (27/7/2020)

Sekretaris MUI Maluku, Abdul Manan Latuconsina mengeluh tentang progress Embarkasi Haji Antara di Kota Ambon yang belum terealisasi dalam pertemuan tersebut.“Kebutuhan embarkasi haji antara sangat membantu. Sampai sekarang belum terealisasi” kata Manan Latuconsina.

Manan menyebut, pihak Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Maluku telah menyampaikan sejumlah persyaratan untuk pemenuhan keberadaan Embarkasi Haji Antara di kota Ambon.“Pemenuhan persyaratan sudah tuntas. Namun belum ada tanda akan diakomodir oleh Kementerian Agama. Yang dibutuhkan kebijakan politik agar embarkasi antara di kota Ambon dapat disetujui,” detail Manan.

Loading...

Persetujuan terhadap operasionalisasi Embarkasi Haji Antara memberi dampak positif dan strategis bagi masyarakat Maluku. Tidak hanya memudahkan masyarakat untuk berangkat menunaikan ibadah haji tapi juga memberi nilai tambah pada peningkatan ekonomi, dan sosial budaya. “Embarkasi haji antara sangat dibutuhkan oleh Maluku yang merupakan daerah kepulauan,” jelas Manan.

Anggota Fraksi PKS, Saadiah Uluputty menilai, perjuangan untuk mengawal penyediaan Embarkasi Haji Antara di Kota Ambon telah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu.”Ketika masih sebagai anggota DPRD Provinsi Maluku, beberapa kali aspirasi tentang embarkasi haji antara di kota Ambon kita suarakan kepada pemerintah pusat,” kata Saadiah.

Dirinya menyambut baik penyediaan EHA tersebut, karena persetujuan EHA akan diikuti dengan pembangunan infrastruktur yang memadai sebagai tempat Jamaah Calon Haji (JCH) sebelum diberangkatkan untuk menunaikan haji.

Pelayanan Haji di Provinsi Maluku kata Saadiah harus ditingkatkan. Keberadaan embarkasi haji antara menjadi salah satunya. “Ada banyak penyediaan sarana dan infrastruktur yang dibangun apabila usulan embarkasi haji antara disetujui. EHA akan memberi dampak pelayanan haji bagi calon jamaah haji asal Maluku akan jauh lebih memadai”, tegas anggota Komisi VII ini. (ALFIAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *