Mulai Dibongkar, Ratusan Pedagang Pasar Mardika Hanya Bisa Pasrah

by
Petugas mengerahkan alat berat untuk menghancurkan ratusan lapak pedagang di Pasar Mardika Ambon, Selasa (22/9/2020). Pembongkaran ini dilakukan untuk revitalisasi Pasar Mardika. FOTO : ALFIAN SANUSI

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mulai membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Mardika Ambon, Selasa (22/8/2020) untuk proses revitalisasi pasar  tersebut.

Pantauan Terasmaluku.com, pedagang di Pasar Mardika terlihat pasrah saat alat berat masuk dan membongkar lapak-lapak yang selama ini menjadi sumber penghasilan pedagang. Alat berat  mulai melakukan pembongkaran dari bagian belakang Pasar Mardika.

BACA JUGA : Pedagang Jual Murah Dagangan Sebelum Bongkar Pasar

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Ambon, Pieter Lewoul mengatakan, pembongkaran ini sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan Pemkot Ambon untuk membongkar lapak-lapak pedagang di Pasar Mardika.

Loading...

“Sesuai jadwal kita harus melakukan pembongkaran. Karena pemerintah akan merevitalisasi pasar menjadi pasar moderen agar tertata dengan baik,” kata Pieter.

Dia mengaku, pembongkar pasar ini sudah sesuai dengan mekanisme, yakni dengan sosialisasi dan berbagai himbauan agar pedagang membersihkan sendiri lapak milik mereka.

“Kita sudah kasih himbauan agar pedagang ini keluar dari pasar, dan dipindahkan ke pasar yang telah ditentukan Pemkot Ambon,” ujar Pieter.

Pieter mengatakan pembongkaran akan terus berlanjut hingga seluruh lapak bersih,  setelah itu proses pembangunan pasar dimulai.

“Revitalisasi pasar sudah mulai kita lakukan, pemerintah pusat yang akan membangun pasar ini. Kita hanya memindahkan para pedagang saja,” katanya.

Pieter menambahkan, pedagang yang terkena dampak pembongkaran akan dipindahkan ke tiga pasar yang telah ditetapkan oleh Pemkot Ambon. Yakni Pasar Apung, Pasar Oleh-Oleh dan Pasar Passo. (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *