Musim Lebaran Bakal Diguyur Hujan Hingga September

by
Kondisi cuaca. FOTO: Dok. Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM, AMBON, – Warga Kota Ambon bersiap. Ambon saat ini telah masuk musim penghujan. Musim lebaran bakal ditemani guyuran hujan.

Hal itu disampaikan bagian Stasiun Meteorologi Kelas II Kota Ambon. Kepala Seksi Observasi dan Informasi Sta. Met. Kelas II Pattimura – Ambon, Wilhelmina Paays menjelaskan kondisi ini akan berlangsung hingga September.

“Mei sampe September peluang hujan. Termasuk saat lebaran. Soalnya anginya sudah angin timuran. Kalau musim panas angin barat,” terang Wilhelmina.

Terdapat beberapa wilauah yang potensi turun hujan sepanjang lima bulan kedepan. Secara klimatologis beberapa wilayah di Maluku antara lain Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, dan Buru Selatan.

Lebih lanjut katanya, terdapat pola sirkulasi tertutup di atas pulau Seram yang dapat memberikan dampak cuaca yang signifikan berupa hujan sedang hingga lebat.

Kondisi itu juga disertai angin kencang di sekitarnya. Dia memastikan agar masyarakat tetap berhati-hati selama memasuki hujan. (PRISKA BIRHY)