Muswil PKB Maluku Rekomendasikan Sejumlah Calkada 2024

by

TERASMALUKU.COM, Musyawarah Wilayah ke -5 Partai Kebangkitan Bangsa Maluku yang telah dilaksanakan pada 9 Januari 2021 merekomendasikan sejumlah nama calon kepala daerah yang akan berkontesasi pada pemilihan kepala daerah serentak 2024 mendatang.

Untuk Maluku pilkada serentak ada dilaksanakan di sejumlah daerah, yakni Kota Ambon, Kabupaten  Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Buru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual.

Sebagai Forum pengambilan keputusan tertinggi sesuai Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga PKB, Muswil memiliki tugas, antara lain menetapkan pengurus periode 2021-2026, menilai pertangungan jawaban pengurus periode sebelumnya serta merumuskan dan menetapkan program kerja dan rekomendasi partai.

Informasi yang dihimpun Terasmaluku.com dari pengurus PKB Maluku, Sabtu (13/3/2021), menyebutkan nama-nama yang direkomendasikan PKB untuk berkontesasi pada pilkada serentak 2024. Yakni, Basri Danis dan Asmin Matdoan direkomendasikan calon wakil walikota Ambon, Mukmin Refra dan Halik Rumkel  calon wakil walikota Tual, Ikram Umasugi  calon bupati Buru, Habiba Pellu, Ruslan Hurasan dan Sukri Wailissa calon Bupati Maluku Tengah, M. Koedoeboen calon bupati Maluku Tenggara dan Mustafa Raharusun calon wakil bupati Seram Bagian Barat.

Satu-satunya daerah yang akan menggelar Pilkada serentak 2024 namun yang tidak direkomendasikan kadernya oleh PKB adalah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu PKB Maluku Muhammad Asmin Matdoan berkilah tidak direkomendasikannya kader partai kaum nadliyin ini di Pilkada Kabupaten Kepulauan Tanimbar karena tidak dibahas di Muswil.”Untuk KKT memang tidak direkomendasikan PKB di Muswil,” katanya.

Disinggung peluang koalisi PKB dengan NasDem dan petahana di pilkada KKT, Asmin berdiplomasi kemungkinan itu bisa saja terjadi. “Kalau soal koalisi saat ini kita belum bahas,tapi mungkin ke depan akan ada pembahasan intens ke arah itu,” kilahnya. (AFN)