NAM AIR Akhirnya Diizinkan Terbang Dari Ambon ke Manado

by
Petugas Lanud Pattimura berkoordinasi dengan petugas NAM AIR di Bandara Pattimura Minggu (12/12) malam.

AMBON- Pesawat NAM AIR akhirnya diizinkan terbang ke Bandara Sam Ratulangi Manado oleh Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Pattimura pada Minggu (11/12) sekitar pukul 22.00 WIT. Pesawat Boeing 737 ini sebelumnya dilarang terbang Lanud Pattimura karena sejumlah persyaratan administrasi penerbangan belum dipenuhi. Pesawat bisa terbang setelah Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Aldrin P Mongan menggelar pertemuan dengan PT. Angkasa Pura I Cabang Ambon, managemen NAM AIR serta pilot pesawat.
“Ini semua karena sedikit miskomunikasi saja soal administrasi yang harus dilengkapi. Tapi sudah kita sepakati dengan pihak operator, disaksikan pilot dan PT. Angkasa Pura, intinya mereka (NAM AIR) akan melengkapinya sehingga tidak ada masalah lagi dan penerbangan ke Manado bisa dilakukan malam ini.Kami minta maaf atas keterlambatan,” kata Aldrin kepada pers usai pertemuan di Lanud Pattimura Ambon, Minggu malam. Namun ia menolak menyebutkan apa saja persyaratan administrasi tersebut. NAM AIR sejak dua hari ini terbang dengan rute Ambon- Manado dan Ambon-Sorong, dan merupakan rute baru yang dibuka NAM AIR.
Menurut Aldrin, saat penerbangan perdana, pihaknya bersama Angkasa Pura I Cabang Ambon sudah menyampaikan ke NAM AIR soal ketentuan – ketentuan adimistrasi dari pemerintah pusat yang harus dipenuhi maskapai yang membuka rute baru. Namun hingga penerbangan hari kedua, Minggu (12/12) operator penerbangan NAM AIR yakni Sriwijaya Air belum juga melengkapi administrasi tersebut. Akibatnya pihak Lanud Pattimura terpaksa melarang pesawat terbang kembali. Aldrin menyatakan, pihaknya sangat mendukung masuknya setiap maskapai penerbangan di Bandara Pattimura Ambon, namun menurutnya ada aturan – aturan yang harus dipenuhi setiap maskapai penerbangan. “Kami tidak menghambat masuknya maskapai penerbangan ke Ambon, ini untuk mendorong perekonomian di Maluku agar makin baik. Tapi juga maskapai harus memperhatian aturan- aturan yang berlaku sehingga semuanya bisa berjalan tanpa hambatan,” katanya.
Ia menyatakan, setelah pertemuan dengan pihak managemen NAM AIR, semua masalah administrasi sudah tidak ada masalah lagi.Sebelumnya petugas Lanud Pattimura melarang pesawat NAM AIR terbang ke Bandara Sam Ratulangi Manado karena masalah administrasi belum dituntaskan. Akibat larangan ini, sekitar seratus calon penumpang sempat terlantar di ruang tunggu bandara sekitar dua jam lebih. (ADI)