Nama Kapolda Maluku Tercatat Dalam Rekor MURI dan Dunia

by
MURI berikan piagam penghargaan kepada Kapolda Maluku, Irjen Polisi Royke Lumowa sebagai penjelajah pulau terbanyak dengan jet-ski. Pemberian penghargaan berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon, Rabu (1/1/2020). FOTO: Alfian Sanusi

TERASMALUKU.COM,AMBON, –Warga Kota Ambon membuat prestasi baru yang mencatatkan namanya pada rekor MURI. Irjen Polisi Royke Lumowa jadi penerima penghargaan kelas nasional bahkan dunia atas aksinya menjelajahi puluhan pulau di Maluku dengan hanya menggunakan jet-ski.

Penghargaan terpuji itu diberikan langsung perwakilan MURI atau Museum Rekor Dunia-Indonesia kepada Royke tepat di perayaan malam pergantian tahun 2019 ke 2020. Di atas panggung utama Lapangan Merdeka Ambon, Royke terlihat bahagia saat dirinya menerima penghargaan tersebut.

BACA JUGA : Malam Tahun Baru 2020 di Kota Ambon

Kapolda Maluku, Irjen Polisi Royke Lumowa

 

Bahkan dia sendiri tak menyangka jika kegiatan mengelilingi pulau-pulau di Maluku mencatatkan namanya sebagai Penjelajah Pulau Terbanyak di buku MURI. “Saya tidak menyangka ya. Itu semua saya lakukan dengan persiapan singkat. Tidak tahu kalau ternyata pak walikota yang urus semua. Tidak sangka saya,” ujarnya dengan wajah sumringah usai menerima penghargaan tersebut Rabu dini hari (1/1/2020).

BACA JUGA : 13 Anggota Polri di Maluku Dipecat Tidak Hormat, Ini Kasus Mereka

Kepada Terasmaluku.com, Royke mengatakan sempat kaget saat dihubungi Walikota Ambon, Richard Louhenapessy untuk menerima anugerah dari rekor MURI. Apalagi dia sendiri paham jika kegiatan mengelilingi pulau itu dilakukan dengan persiapan singkat. Tak ada ambisi untuk meraih apapun.

Loading...

Baginya terlalu dangkal jika aktifitas hanya ada di darat. Sementara Indonesia 92 persennya dikelilingi laut. “Harusnya laut itu jadi habitat kita. Kita harus sayang laut,” jelasnya. Karena itu dia putuskan untuk berkeliling pulau-pulau yang ada di Provinsi Maluku selama tujuh hari menunggangi jet-ski.

Di usianya yang sudah kepala lima, Kapolda Maluku itu begitu berani mengarungi laut dengan hanya menumpang jet-ski. Royke yang gemar gowes sepeda itu menjelaskan rerata dia menghabiskan waktu 8-11 jam sehari. Tiap tiga jam, mesin motor perlu diisi dengan 60 liter bahan bakar. Jika ditotal kira-kira Royke menghabiskan lebih 1.000 liter bahan bakar dalam perjalanannya.

 

Maka tak heran jika MURI mencatatkan namanya sebagai penjelajah pulau terbanyak dengan jet-ski sekaligus di tingkat dunia. “Kami sudah cek dan memang belum ada di Indonesia dan dunia yang melakukan hal sama,” ungkap Manager Operasional MURI,  Andre Purwandono.

Sebelum memasukannya dalam buku rekor, pihaknya telah memverifikasi kebutuhan informasi. Andre dan tim telah lebih dulu bertemu walikota, gubernur pun kapolda untuk memastikan akfititas bernyali itu.

Hasilnya, Royke layak sebagai penerima anugerah tersebut. Bahkan Andre saat menyerahkan piagam di atas penggung langsung memasukan nama Royke untuk penghargaan tingkat dunia.

“Kami lihat di dunia juga belum pernah ada yang bikin ini. Akses kami ada ke sana, jadi sudah bisa disebut langsung hari ini sebagai rekor MURI dan dunia,” tegasnya. Sebelumnya, kata Andre, Bupati Talaud berkendara jet-ski dari Kabupaten Kepulauan Talaud ke Miangas.

Sayangnya, itu hanya mengkoneksikan dua wilayah dan tanpa ada pencatatan. Maka tak heran jika Walikota Ambon mengupayakan mendaftarkan nama Kapolda Maluku itu ke museum rekor Indonesia.(PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *