Narapidana Binaan Lapas dan Rutan di Maluku Bebas Covid-19

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Maluku, Andi Nurka mengklaim, seluruh narapidana (napi) yang berada di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) serta Rumah Tahanan (Rutan) di Maluku, bebas dari Covid-19

Diakui Andi, ribuan napi yand ada, terus dipantau kesehatannya secara berkala, oleh tim kesehatan pada masing-masing kabupaten dan kota, dengan menjalani Rapid Tes dan Swab Tes.

Loading…

“Saya instruksikan semua Kepala Lapas dan Kepala Rutan untuk siaga. Semua napi perlu dijaga kesehatannya dengan pemberian multivitamin serta makanan yang bergizi dan layak dikonsumsi,”terang Andi, Senin (21/12/2020)

Meskipun berada dalam lapas, protokol kesehatan wajib dijalankan yaitu memakai masker saat berada diluar blok napi dan juga tidak berkerumun, serta rajin mencuci tangan dengan sabun.

Saat ini, dia mengatakan telah membatasi para napi untuk dirujuk ke rumah sakit di luar lapas. Hal itu diterapkannya untuk mencegah adanya virus yang masuk ke dalam lapas.

Sebab, kata dia, mobilitas orang yang keluar masuk lapas dapat meningkatkan potensi penularan virus corona ke dalam lapas, sehingga yang bisa dirujuk ke rumah sakit di luar lapas hanya narapidana yang harus ditangani secara darurat.

” Pergerakan keluar masuk orang dan barang terus dimonitor, karena sangat rentan terhadap penyebaran virus,” katanya. (RED)