NasDem Desak Dinkes Ambon Seriusi Pasien Kurang Mampu

by
Tim Rescue Partai NasDem memeriksa Ny.Bety Retuadan yang mengalami penderitaan fisik, Sabtu (19/10/2019). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Maluku, Hamdani Laturua mendesak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon untuk lebih serius dan maksimal dalam melayani warga Kota Ambon.  Hal ini buntut dari temuan langsung yang diperoleh Laturua saat pengobatan gratis yang dilakukan Tim Rescue Partai NasDem di lokasi Kampung Benteng Karang Negeri Passo, Kota Ambon, Sabtu (19/10/2019) siang.

Laturua mengatakan, saat melakukan pengobatan pihaknya mendapat laporan tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat terkait keberadaan salah satu warga bernama, Ny.Bety Retuadan yang mengalami penderitaan fisik berupa patah tulang bahagian pinggang. Wanita 71 tahun ini belum mendapat sentuhan pelayan kesehatan baik dari pihak Puskesmas setempat maupun relawan Kesehatan Pemerintah Kota Ambon yang ditugaskan untuk melawani penanganan kesehatan pasca gempa Ambon.

Tim Rescue Partai NasDem memeriksa Ny.Bety Retuadan yang mengalami penderitaan fisik, Sabtu (19/10/2019). FOTO : ISTIMEWA

Lebih parah lagi menurut Hamdani, saat pihak keluarga hendak melakukan pemeriksaan di salah satu Rumah Sakit di Desa Negeri Lama ternyata yang bersangkutan hanya bisa dilayani jika mampu menyediakan anggaran sebesar 30 juta untuk biaya perawatan dan pengobatan di Rumah Sakit milik Pemerintah Daerah tersebut. Akibatnya keluargapun mengurungkan niat perawatan dan akhirnya memilih melayani di rumah.

“Kami mendapat laporan dari tokoh agama di Benteng Karang, bahwa ada salah satu warga yang saat ini dalam keadaan sakit dan dirawat di rumah, mereka tidak bisa ke Rumah Sakit karena disana (Rumah Sakit) Kartu Jaminan Kesehatannya tidak bisa digunakan, entah apa alasannya, dan baru bisa dilayani jika menyiapkan anggaran kurang lebih 30 juta, ini tidak bisa dibiarkan,”ungkap Hamdani.

loading...

Terkait hal itu, Hamdani langsung memerintahkan anggota DPRD Kota Ambon dalam hal ini Fraksi NasDem untuk segera mengambil langkah koordinasi dengan dinas terkait sehingga secepatnya warga yang tidak mampu itu mendapatkan pelayanan dan perawatan kesehatan. “Saya sudah minta anggota DPRD Fraksi NasDem Kota Ambon untuk segera mengambik langkah koordinasi, agar yang bersangkutan segera mendapatkan pertolongan dan cepat pulih dari derita yang dialami,” kata Hamdani Laturua.

Sementara itu salah satu tokoh agama Benteng Karang, Pdt. Abner Latue mengungkapkan, keberadaan warga jemaatnya itu sangat memprihatinkan dan harus mendapat pertolongan. Namun hal tersebut belum bisa dilaksanakan karena keluarga tidak mampu mendapatkan biaya yang dipatok pihak Rumah Sakit. Dirinya berharap kesempatan kegiatan pengobatan yang telah dilakukan Partai NasDem bisa juga memberikan jawaban bagi Ny. Retuadan.

“Saya selaku pimpinan umat di wilayah ini merasa senang dan bangga dengan Partai NasDem, selain melakukan pengobatan langsung, NasDem juga bisa berkontribusi langsung terhadap kondisi masyarakat atau pasien kurang mampu, olehnya itu kami semua mendoakan semoga Partai NasDem mendapat berkat dan terus berkembang menjadi Partai yang dicintai masayarakat,” harap Latue. (ADI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *