Jangan Anggap Enteng Nyeri Tulang, Bisa Jadi Itu Gejala Kanker

oleh
dr. Made Putra Sedana Sp. PD KHOM, Penyakit Dalam, Hematologi Onkologi Medik dari Adi Husada Cancer Center Surabaya

SURABAYA,  – Sering alami nyeri pada tulang. Jangan anggap sepele. Bisa jadi itu tanda-tanda awal kanker multiple myeloma.

Sel myeloma dapat tumbuh subur di sumsum tulang sehingga kondisi tubuh penderita akan mengalami masalah. Gejala yang ditimbulkan seperti nyeri tulang, anemia, patah tulang, imunitas menurun, gejala penyakit hypercalcemia, insufisiensi ginjal dan proteinuria.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Adi Husanda Cancer Center, dr Made Putra Sedana SpPD, K-HOM mengatakan, gejala multiple myeloma berbeda dengan kanker pada umumnya. Bahkan Pada penderita multiple myeloma tidak merasakan gejala apa pun.

“Walaupun penderitanya relatif sedikit, penyakit ini patut diwaspadai karena termasuk kanker ganas. Karakteristik penyakit ini berhubungan dengan disfungsi organ, seperti ginjal dan tulang,” katanya.

Menurut Made, sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti multiple myeloma. Namun penyakit ini diduga karena radiasi pengion, stimulasi antigenik, virus EB atau sarkoma kaposi yang berhubungan dengan infeksi virus herpes.

Karena gejalanya tidak spesifik, kata Made, dokter seorang dokter bisa saja mengira itu hanya nyeri tulang biasa.  Apalagi kasus multiple myeloma termasuk sangat kecil, hanya 1 persen dari kasus keganasan kanker.

“Tapi dia berada di urutan ke-2 dari keganasan kanker darah. Terbanyak dari kasus limfoma. Penyakit ini umumnya muncul pada mereka yang usianya sudah lanjut dan hanya 2 persen yang usianya di bawah 45 tahun,” katanya.

Butuh waktu 15 tahun sampai akhirnya terdeteksi. Untuk mengatasi nyeri yang timbul, karena dikira encok misalnya, penderita  biasanya meminum obat antinyeri. Ini terkadang menyebabkan kompleksitas sehingga menimbulkan penyakit lain, semisal ginjalnya yang jadi korban.

Lebih lanjut Made Putra menerangkan, Dalam banyak kasus, pasien datang dengan fraktur akan menuju dokter bedah tulang. Tapi pada kondisi yang belum parah, penderita Multiple Myeloma bisa datang ke mana-mana (ke dokter yang sesuai keluhannya), mengingat keluhan yang ditimbulkan beragam. (ADVETORIAL)

BACA JUGA :  Walikota Cemas di Akhir Kepemimpinannya Kinerja ASN Ambon Buruk

No More Posts Available.

No more pages to load.