PLN Siagakan 1.349 Personil Amankan Kelistrikan Idul Adha 1442 H di Maluku Malut

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON– PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) menyiagakan sebanyak 1.349 personil untuk amankan pasokan listrik selama perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 H di Maluku dan Maluku Utara.

“Kami juga melakukan pengamanan kelistrikan pada rumah ibadah yang memang melaksanakan kegiatan shalat Idul Adha 1442 H seperti misalnya Masjid Raya Al-Fatah di Ambon dan Masjid Raya Al-Munawwar di Ternate. Secara total kami menyiapkan juga 23 (dua puluh tiga) genset mobile dan 4 (empat) unit _Uninteruptible Power Supply_ (UPS) di titik lokasi pengamanan kelistrikan pada rumah ibadah”, ujar General Manager PLN UIW MMU, Adams Yogasara saat rapat kesiapan pengamanan Sistem Kelistrikan Idul Adha secara daring hari Senin (19/7/2021).

Adams juga menambahkan, pasokan listrik dari sisi daya yang tersedia dipastikan cukup. Di sisi pembangkit, transmisi maupun distribusi dipastikan tidak akan ada pemeliharaan hingga H+1 Hari Raya Idul Adha 1442 H.

“Secara total, Daya Mampu kami di Maluku dan Maluku Utara yakni sebesar 347,65 MW dengan Beban Puncak sebesar 184,35 MW sehingga terdapat cadangan daya sebesar 163,30 MW”, tambahnya.

Di samping itu, PLN UIW MMU juga tetap bersiaga untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kelistrikan yang dapat terjadi di luar kendali PLN.

“Kami sudah instruksikan ke seluruh Unit untuk memastikan kebersihan jaringan listrik pada titik-titik rawan terjadinya gangguan, ditambah dengan kondisi cuaca di beberapa lokasi di Maluku dan Maluku Utara yang hingga saat ini masih cukup ekstrim”, jelas Adams.

PLN juga berupaya untuk terus menjaga keandalan kelistrikan pada masa pandemi COVID-19, termasuk menjaga keandalan pasokan listrik untuk Fasilitas Kesehatan (Faskes) seperti Rumah Sakit rujukan Covid-19 dan pasokan listrik untuk industri oksigen yang tersebar di Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara.

“Di masa pandemi ini petugas critical seperti Command Center, Contact Center, Pelayanan Teknik, Pembangkitan, Transmisi, Distribusi, Dispatcher, PDKB tetap bekerja dengan sistem shift dan protokol Kesehatan yang ketat. Kami berupaya untuk tetap menjaga kenyamanan pelanggan untuk beraktivitas di rumah baik bekerja, belajar maupun beribadah di rumah”, tutup Adams.

Editor : Hamdi