Libur Lebaran 2023 BPJS Kesehatan Ambon Buka Layanan

oleh
Pelayanan BPJS Kesehatan Cabang Ambon tetap buka selama libur lebaran 2023 serta sejumlah faskes, (6/4). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Libur lebaran  dua pekan lagi, BPJS pastikan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tetap bisa mengakses pelayanan. Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti mengatakan akses pelayanan sangat terbuka bagi peserta di saat masa libur lebaran tahun 2023.

Pada keterangan pers, Kamis (6/4/2023) di Jakarta melalui sambungan zoom, Ghufron menjamin layanan administratif selama libur teta berjalan. Para peserta JKN pun masyarakat tidak perlu khawatir.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti berikan keterangan pers memastikan pelayanan BPJS kesehatan tetap buka selama libur lebaran 2023. FOTO: Humas BPJS

“Pada prinsipnya, BPJS Kesehatan menganut prinsip portabilitas dalam menyelenggarakan Program JKN. Artinya, seluruh peserta dapat mengakses pelayanan di manapun dan kapan pun, termasuk saat libur lebaran. Dengan adanya kebijakan khusus selama libur lebaran 2023, ini dapat memastikan peserta JKN tetap terlayani dengan mudah, cepat, setara,” kata Ghufron.

Instruksi dari Dirut BPJS Kesehatan itu berlaku nasional. Semua kantor cabang BPJS di tiap daerah di Indonesia memberi pelayanan yang sama kepada peserta JKN.

Sama halnya dengan BPJS Cabang Ambon. Selama masa libur peserta tetap dapat mengakses layanan. Begitupun dengan beberapa fasilitas kesehaan (faskes) yang tetap buka saat hari libur.

“Kami sama dan ikut dengan kebijakan pusat. Kami tetap melayani masyarakat selama hari libur. Ada faskes-faskes yang tetap buka dan melayani,” jelas Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Ambon Saiyed Abdul Gaffar Assaqqaf di kantor BPJS Kesehatan Cabang Ambon siang, (6/4/2023).

Pihaknya telah menyiapkan personil yang dibagi ke dalam sift untuk membuka layanan. Pihaknya juga tengah berkoordiansi dengan tiap faskes di Ambon. mulai dari faskes pratama hingga utama yang tetap buka layanan di hari libur.

“Kami sudah koordinasi tapi masih dalam bentuk lisan. Akan dipastikan minggu depan faskes mana saja yang tetap buka layanan,” tambahnya.

BACA JUGA :  Forum Pemred Desak Polisi Proses Pelaku Teror Terhadap Wartawan Detik

Untuk sementara, sudah ada beberapa faskes yang memberi respon. Untuk faskes pratama seperti puskesmas, selama libur tutup. Rumah Sakit Siloam, RSUP Dr. Johannes Leimena tutup. Sementara rumah sakit yang lain masih belum memberikan respon secara resmi.

Pihaknya masih akan berkoordinasi dan memastikan jawaban hingga pekan depan. “Tapi rumah sakit yang punya UGD tetap buka layanan kedaruratan. Sementara yang lain untuk polikliniknya belum ada respon resmi. Nanti kami tunggu juga dari dinkes yang beri jawaban,” katanya.

Penulis : Priska Birahy

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.