Natal dan Tahun Baru, Pelabuhan Tual Siapkan 15 Kapal  

by
A. Rifai

TERASMALUKU.COM,-TUAL-Otoritas Penyelenggara Pelabuhan Laut Kelas II Tual, Kementerian Perhubungan menyiapkan 15 angkutan kapal menghadapi Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.  Otoritas Pelabuhan Tual sudah melakukan persiapan termasuk fasilitas dermaga untuk kapal bersandar dan mengangkut penumpang.

“Ada 15 kapal yang dipersiapkan melayani perhubungan laut di  wilayah Tual dan Maluku Tenggara menjelang Hari Raya Natal 2017 dan perayaan Tahun Baru 2018,” kata Kepala Kantor Penyelenggara Pelabuhan Laut Kelas II Tual, A. Rifai kepada wartawan, Rabu (13/12).

Loading…

Rifai mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan uji petik kelayakan berlayar 15 kapal tersebut. Ia menyebutkan, 15 kapal itu yakni, lima kapal Pelni, lima kapal Perintis, dan sisanya kapal milik ASDP dan kapal cepat milik swasta yang melayani perhubungan antarpulau di Kota Tual dan  Maluku Tenggara.

Menurut Rifai, pada Kamis (14/12), pihaknya akan menggelar rapat koordinasi dengan instansi terkait lainnya di kawasan pelabuhan dan aparat keamanan  untuk persiapan pengamanan, jasa angkutan laut  menjelang maupun sesudah Hari Raya Natal dan Tahun Baru.  “Pengamanan akan dilakukan oleh aparat Kepolisian dari  KP3 bersama Lanal, Pol Airud dan juga dari kita sendiri,” katanya.

Rifai mengatakan jumlah penumpang jelang Natal dan Tahun Baru diprediksi mengalami peningkatan 5-10 persen. Lebih jauh  Rifai juga mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan ke Kementerian Perhubungan untuk perbaikan dan penambahan fasilitas Dermaga Pelabuhan Yos Sudarso Tual.

“Namun hingga kini kita belum mengetahui anggaran yang bisa disetujui. Salah satu yang diusulkan ke Kementerian yakni perpanjangan dan pelebaran dermaga dari 8 meter menjadi 12 meter,” katanya. (AS)