Negeri Iha Dan Dusun Tanah Goyang Sepakat Damai

by
Dua negeri di Kecamatan Huamuan Kabupaten Seram Bagian Barat bersepakat damai (15/10). FOTO: Fadli. B

TERASMALUKU.COM,AMBON,  – Pasca konflik horizontal, warga Negeri Iha dan Dusun tanah goyang pada Sabtu (31/08/2019), raja di kedua desa bersepakat untuk menyudahi konflik dan berdamai. Iha dan Dusun Tanah Goyang Desa Loki kecamatan Huamual Kabupaten seram bagian barat (SBB) bersepakat untuk berdamai.

Kesepakatan tersebut merupakan inisiatif bersama yang dimediasi di Polres Seram Bagian Barat, Kota Piru Selasa (8/10/2019). Upaya damai antar dua desa di Kecamatan Huamual itu dipimpin oleh Kasad Reskrim Polres SBB, AKP Mido J. Manik.

Raja Iha, Zain Syaiful Latukaisupy mengatakan, kejadian laka lantas Putra Tuarita adalah murni musibah. “Saya manusia bisa yang tidak luput dari kesalahan. Dari hati yang tulus saya memaafkan beberapa orang yang lakukan penganiyaan,” sebut Latukaisupy dengan besar hati.

Perdamaian merupakan jalan terbaik. Untuk itu dia mengakui bakal menyapaikan jalan damai ini kepada masyarakat Desa Iha. Tujuannya agar tidak lagi menyimpan dendam dan hidup berdamai, nyaman dan aman satu dengan yang lain.

“Perdamain ini saya akan saya sampaikan kepada seluruh warga di Iha dan kita saling memaafkaan,” pintanya. Dia berharap, masalah yang telah diproses secara hukum agar dapat ditutup saja.

loading...

Saat datang ke Polres, Raja Iha juga meminta agar perkara ini segera ditutup dan tidak masuk jalur hukum. Pasalnya dari kedua pihak yang bertemu sekata untuk berdamai. “Saya minta kepada pihak kepolisian dan kejaksaan agar menutup perkara yang sudah masuk dalam proses hukum,” katanya.

Hal itu juga sejaland negan harapan Kepala Dusun Tanah Goyang, Munir Boufakar. Pihaknya pun mengharapkan ada jalan terbaik tanpa harus menyimpan dendam antar sesam warga di dua desa.

“ Harapannya agar dapat memaafkan perbuatan yang telah dilakukan oleh pemuda Tanah Goyang. Kami sangat berterima kasih dengan kerendahan hati Raja Iha dapat memaafkan kami masyarakat Tanah goyang,” ucap Munir.(FADLI. B)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *