Nelayan Kota Ambon Terima Bantuan Alat Tangkap dari DAK 2020

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Sebanyak 29 kelompok nelayan di Kota Ambon pagi tadi menerima bantuan alat tangkap dari pemerintah kota.

Bantuan tersebut merupakan bagian dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Kota Ambon 2020. Sekretaris Kota Ambon, A.G. Latuheru yang hadir mewakili Walikota Ambon menyatakan bantuan tersebut menjadi stimulus keberlangsungan nelayan di Ambon.

“Alat bantau ini untuk mendorong peningkatan ekonomi di Ambon. Semua dari biaya DAK 2020,” jelas Latuheru saat memebrikan sambutan kepada para kelompok nelayan di Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Desa Eri Kecamatan Nusaniwe pagi tadi, (23/1/2021).

Profesi sebagai nelayan di Ambon dinilainya harus menjadi salah satu tonggak ekonomi. Pemberian bantuan ini, katanya perlu ada keberlangsungan. Artinya nelayan di setiap kelompok dapat mengambil manfaat melalui pemberian alat tangkap secara berkelanjutan. Tidak hanya untuk jangka waktu satu tahun.

“Pak walikota sampaikan pake akang bae-bae agar berikan manfaat untuk kesejahteraan kelompok juga. Kalau kedepan perahu bocor tambal, jaring yang rusak dibetulkan. Jagan sekali pakai rusak lalu kasi biar saja,” pesannya.

Bantuan DAK 2020 yang diebrikan itu berupa 10 unit alat pancing tonda, 10 paket jaring serta 9 paket gillnet. Para nelayan juga diberikan perahu semang mesin 25 pk serta kebutuhan penunjang kelompok nelayan.

Seperti yang diterima salah satu nelayan, Edwin Latuheru. Edwin merupakan ketua kelompok nelayan Wairuhu asal Desa Galala Kecamatan Sirimau menerima bantuan DAK kelompok nelayan. “Katong daoat kasko gillnet 1 unit, jaring tasik jangkar 1 buah tali jangkar  mesin kapal outboard 1 buah,” sebutnya kepada wartawan usai sekot meninjau bantuan DAK di PPI Eri.

Menurutnya peralatan itu amat membantu dia dan kelompok dalam mencari ikan. Khususnya nelayan pencari ikan kecil sepertinya. Dengan perahu dan alat tangkap memudahkan nelayan mencari anakan ikan untuk kemudian dijual kembali ke pengusaha keramba di sekitar Desa Galala. (PRISKA BIRAHY)