Nikmati Pesona Keindahan Bawa Laut di Buru, Ini 5 Spot Menyelam Wajib Dikunjungi

by
Salah satu spot menyelam terbaik di Kabupaten Buru, Maluku. FOTO : DINAS PARIWISATA BURU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Bagi pecinta olahraga air terutama menyelam atau scuba dive, Kabupaten Buru wajib dimasukkan dalam daftar tujuan wisata ketika mengunjungi Maluku.

Kabupaten berjuluk Bumi Bupolo ini memiliki spot-spot wisata bawah laut dengan pemandangan yang menawan karena miliki jenis terumbu karang hingga berbagai jenis ikan yang bisa dinikmati para pecinta scuba dive.

Spot menyelam terbaik di Kabupaten Buru, Maluku. FOTO : DINAS PARIWISATA BURU

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buru, Istanto Setyahadi mengatakan spot-spot menyelam yang bisa dijajal oleh para wisatawan ini diantaranya :

1. Spot Jikumerasa. Spot Jikumerasa di Desa Jikumerasa Kecamatan Lilialy, kurang-lebih 13 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4, tersedia fasilitas umum berupa MCK Plus, Kios Jajanan Kuliner, Kios Cinderamata, Gazebo, dan Jembatan Jetty;

2. Spot Waeperang. Spot Waeperang di Desa Waeperang Kecamatan Lilialy, sekitar 14 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4;

3. Spot Waprea. Spot Waprea yang berlokasi di Desa Waprea Kecamatan Waplau, sekitar 65 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4, tersedia fasilitas umum berupa MCK Plus dan jembatan;

4. Spot Waelapia. Spot Waelapia (Tanjung Batu Mustika) di Desa Waelapia Kecamatan Teluk Kaiely, sekitar 30 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan speed boat dan fery;

5. Spot Hatawano. Bahkan saat ini di Buru juga sudah memiliki dive centre bernama “Bupolo Dive Centre” milik Dinas Pariwisata Buru untuk mendukung wisata bawah laut sehingga memudahkan para wisatawan untuk mendapatkan informasi seputar spot menyelam serta memiliki peralatan selam yang lengkap.

Loading...

“Kita punya spot-spot untuk menyelam yang bagus di Buru disamping itu juga kita didukung dengan dive centre, Bupolo Dive Centre yang memiliki peralatan lengkap sehingga memudahkan para wisatawan,”jelas Istanto kepada Terasmaluku.com, Sabtu (31/10/2020).

Begitu juga dengan para guide selam yang akan memandu, juga tersedia dan berasal dari daerah-daerah tempat spot selam berada, sehingga mereka sudah sangat mengenal seluk beluk dan apa saja yang bisa dinikmati wisatawan saat menjajal scuba dive di Buru.

Nah untuk meningkatkan kuliatas para guide selam, Dinas Pariwisata Kabupaten Buru memberikan pelatikan bagi para guide selam sejak Selasa (27/10/2020) hingga Minggu (1/11/2020) di Kabupaten Buru. “Para guide selam ini yang kami latih ini akan memberikan pelayanan yang baik dan profesional kepada para wisatawan,” kata Istanto.

Spot menyelam terbaik di Kabupaten Buru, Maluku. FOTO : DINAS PARIWISATA BURU

Istanto mengatakan spot-spot wisata bawah laut di Buru akan terus dikembangkan. Dinas Pariwisata juga akan melakuka survey lokasi-lokasi baru sehingga menambah daftar spot-spot yang wajib dicoba oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara saat kunjungi Buru. “Para peserta yang telah ikut pelatihan setelah ini mereka ini akan terus melakukan survey spot-spot baru,”ujarnya.

Apalagi Pemkab Buru dan Dinas Pariwisatanya bertekad menjadikan sektor pariwisata sebagai sumber penghasil Pendapatan Aset Daerah (PAD) karena Buru karena jika ditilik dari segi sumber daya alam, Buru memiliki berbagai spot wisata baik di daratan maupun bawah lautnya. (Ruzady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *