Nilai Ekspor Hasil Laut Dari Maluku Capai 36 Juta US Dollar

by

TERASMALUKU.COM,AMBON – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Elvis Pattiselano mengungkapkan nilai ekspor hasil laut berupa udang, tuna frozen (tuna beku) dan kepiting dari Maluku Januari hingga September 2020 mencapai 38 Juta US Dollar.

Nilai ekspor ini alami peningkatan yang cukup signifikan kata Elvis jika dibandingkan periode yang sama Tahun 2019. Peningkatannya sebesar 109 persen dari Tahun 2019 yang nilai ekspornya sebesar 8,8 Juta US Dollar.

“Peningkatan nilai ekspor kita ini terbantu oleh ekspor udang dari PT. Wahana Investama Lestari ke Cina dalam beberapa bulan terakhir,”ungkapnya saat webinar ‘Membuka Gerbang Indonsia Timur Peluang Investasi dan Ekspor Dari Maluku’ yang digelar Bea Cukai Kantor Wilayah Maluku, Selasa (27/10/2020) dan disiarkan melalui kanal Youtube.

Loading...

Hanya saja tidak dipungkirinya, untuk komoditi hasil laut tuna frozen yang menjadi salah satu komoditi andalan ekspor langsung dari Maluku, di tahun 2020 sejak pandemi covid-19 mewabah secara global terjadi penurunan jumlah ekspor.

Selain tuna frozen, komoditi Cakalang Frozen juga kedepannya bisa menjadi komoditi ekspor potensial jika pengiriman pertama cocok sesuai permintaan buyer di Jepang. Diakuinya, dalam tiga tahun terakhir ini, tren ekspor komoditi hasil laut dari Maluku alami peningkatan yang positif.

“Hal ini terlepas dari reformasi pelayanan oleh Pemrpov Maluku dan stakeholder terkait terutama dalam hal pelayanan perizinan ekspor yang bisa dilakukan 7×24 jam dan kita bersama Bea Cukai dan Balai Karantina selalu hadir bersama-sama mencari solusi terhadap kendala-kendala dan masalah yang dialami oleh para eksportir,”tandasnya. (RUZADY ADJIS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *