November, Pelatakan Batu Pertama Proyek Ambon New Port di Waai

by
Kepala Bagian Tata Usaha, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Ambon, Abdi Sabda, (27/7). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM, AMBON, – Proyek Ambon New Port ada di tahap peletakan batu pertama (groundbreaking) pada November mendatang. Lokasi di Negeri Waai, Kabupaten Maluki Tengah Pulau Ambon. Proyek strategis nasional ini akan digarap multiyear hingga 2023.

Kepala Bagian Tata Usaha, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Ambon, Abdi Sabda menjelaskan tahun ini akan dimulai peletakan batu pertama dilanjutkan pembangunan.

“Nanti November minggu pertama mulai groundbreaking. Kemudian dilanjutkan dengan tahap ultimet kita akan undang investor,” Jelas Abdi saat ditemui di kantornya, (26/72021).

Anggaran yang dikucurkan untuk proyek ini, kata Abdi senilai Rp 81 miliar pada tahun 2021. Nilai tersebut berubah di tiap tahun hingga penyelesaian proyek pada 2023 mendatang.

Ambon New Port nantinya akan melewati tiga dusun di Waai. Ketiganya tengah dalam persiapan lahan dengan total luas 200 hektare.

“Pelabuhannya nanti akan terintegrasi dengan sejumlah fasilitas,” lanjut Abdi. Yakni terminal peti kemas internasional dan domestik, terminal roro (roll on – roll off), pelabuhan perikanan (TPI dan tempat pengolahan ikan), kawasan industri logistik, terminal LNG Liquid natural gas dan power plant, dengan panjang total dermaga 1000 m (ultimate).

Termasuk pusat listrik Waai. “Mungkin akan ada bahsan mengenai suplai energi listrik yang besar untuk kebutuhan freezer kontainer. Karena akan jadi penunjang LIN lumbung ikan nasional,” katanya.

Sementara itu Gubernur Maluku, Murad Ismail juga membentuk tim untuk pembangunan Ambon New Port. menurut Abdi, pihak yang terlibat telah melakukan rapat terkait itu.

Tim tersebut nantinya bertugas antara lain mendata lokasi perencanaan, melakukan konsultasi public hingga menyiapkan penetapan lokasi. (PRISKA BIRAHY)