ODP Maluku Naik, Hari Ini Terdata Ada 18 Orang di Enam Kabupaten

by
ilustrasi/tagar.id

TERASMALUKU.COM,AMBON, –Pemerintah provinsi Maluku merilis jumlah orang dalam pantauan (ODP)  melonjak drastis. Dari 3 ODP kini menjadi 18 ODP. Mereka tersebar di beberapa kota kabupaten yang ada di Maluku.

Orang-orang yang masuk status ODP ini umumnya baru saja melakukan perjalanan dari kota-kota di Indonesia yang punya kasus pasien positif COVID-19.

“Maluku Tengah sampai saat ini belum ada. Baik ODP pun PDP, Seram Bagian Barat  3 orang, Seram Bagian Timur kosong,” ungkap Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan COVID19, Kasrul Selang, Jumat (20/3/2020). Selanjutnya Buru ada 1 orang dalam pemantauan, Buru Selatan belum ada, Tual 2 orang, Maluku Tenggara tidak ada, Kabupaten Kepulauan Tanimbar 1 orang, Maluku Barat Daya (MBD) tidak ada dan Aru 6 orang.

Loading...

Sementara di Kota Ambon ada 5 orang. Mereka adalah tiga orang yang dalam ruang isolasi, 1 orang ODP di luar rumah sakit dan 1 lagi PDP baru. “Jadi total orang dalam pemantauan ada 18 orang. Termasuk yang kemarin kita bahas ya,” kata Kasrul.

Lebih lanjut dia menerangkam perhari ini ini ada satu pasien dalam pengawasan (PDP). Satu pasien ini sekarang berada di rang isolasi bersama 3 orang yang lebih dulu dirawat. Satu orang PDP itu kata Kasrul lantaran dia baru saja melakukan perjalanan kemudian ada keluhan. “Jadi kita masukan ke dalam PDP dan sekarang sementara observasi. Nanti kalau perlu ambil sampel lagi kayak protap kemarin,” tambahnya.

Terkait kondisi 1 PDP baru, Kadis Kesehatan Provinsi Maluku, Meikyal Pontoh menyebut petugas yang menemukannya di bandara saat tiba di Ambon. “Pada waktu scan suhunya di atas 38 derajat. Makanya dilakukan pemeriksaan dan dibawa ke RSUD. Datang dengan demam,” beber Pontoh. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *