Oktober Bendungan Wai Apu Buru Dibangun Dengan Dana Rp 1,6 Triliun

by
Bupati Buru bersama Kepala Balai Sungai Wilayah Maluku Haryono Utomo di Jakarta, Kamis (13/9). FOTO : Edhy Latuconsina

TERASMALUKU.COM,-JAKARTA –Bupati Buru Ramly I Umasugi mengatakan, pemerintah menargetkan pembangunan Bendungan Wai Apu di  Kabupaten Buru Provinsi Maluku dilakukan Oktober 2017. Bupati  menyatakan hal ini kepada media  usai bertemu Kepala Balai Sungai Wilayah Maluku Haryono Utomo di Jakarta, Kamis (13/9) membicarakan masalah  pembangunan Bendungan Wai Apu.

Menurut Bupati,  pemerintah  Presiden Joko Widodo (Jokowi)  menargetkan pembangunan sejumlah  Bendungan di Indonesia akan tuntas hingga 2019. Dan  salah satunya menurut Bupati adalah Bendungan Wai Apu di Kabupaten Buru. “Tahun ini pemerintah  Presiden Jokowi targetkan  pembangunan bendungan di seluruh Indonesia, di Maluku satu-satunya hanya di Kabupaten Buru, yaitu Bendungan Wai Apu,” kata  Bupati Ramly Umasugi.

Menurut Bupati, pembangunan Bendungan Wai Apu dengan anggaran  Rp 1,6 Triliun. Bendungan ini dapat mengaliri semua persawahan di Kabupaten Buru. “Total anggaran bendungan ini senilai 1,6 triliun rupiah, dan  hasil pembangunan tersebut seluruh persawahan di Kabupaten Buru dapat teraliri termasuk listrik tenaga hidro dan pengendali banjir,” kata Bupati.

Sebelumnya, Pemerintahan  Jokowi mencanangkan target pembangunan 65 bendungan selama 2015-2019. Untuk tahun ini, akan dibangun sembilan bendungan baru dengan total kebutuhan dana untuk konstruksi dan supervisi senilai Rp 18,25 triliun. Kesembilan bendungan itu diantarnya, Bendungan Rukoh di Aceh, Bendungan Way Apu di Kabupaten Buru, Bendungan Baliem di Papua, Bendungan Lausimeme di Sumatera Utara, dan Bendungan Sidan di Bali.(ADI)