Operasi Udara Pencarian Kapal Nelayan KM.Yora Ambon Digelar

by
Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Aldrin P. Mongan, Kamis (31/8) memimpin briefing pencarian lewat udara kapal nelayan KM. Yora 03 yang hilang sejak Sabtu (23/8). FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Badan Keamanan  Laut (Bakamla) RI, Kamis (31/8) sekitar pukul 09.20 WIT  kembali  menggelar operasi udara pencarian kapal nelayan  KM. Yora 03 yang hilang sejak Sabtu (26/8). Operasi udara pencarian kapal  ikan dengan 15 nelayan itu  dilakukan dengan  menggunakan pesawat  Avia Star milik Bakamla RI.

Pencarian dipimpin langsung  Kasubdid Penyelenggara Operasi Udara Bakamla RI, Kolonel Pnb Joko Tri Wibowo. Sebelum dilakukan operasi pencarian KM. Yora 03  lewat udara, digelar  briefing di  Ruang VIP Pangkalan Udara  (Lanud) Pattimura Ambon.

Briefing yang dipimpin langsung Komandan Lanud Pattimura Ambon Kolonel Pnb  Aldrin P Mongan ini,  dihadiri Kepala Bakamla Zona Maritim Timur Vetty V Salaka, petugas Lanud Pattimura, Lantamal IX, Kantor SAR Ambon, Polair Polda maluku, serta keluarga nelayan  KM.Yora 03.

Dalam briefing ini petugas Kantor BMKG Stasiun Pattimura Ambon juga menjelaskan kondisi cuaca dan gelombang di wilayah Perairan Pulau Ambon, Pulau Pulau Buru dan Pulau Seram.

Loading...

Aldrin menyatakan, pencarian dengan operasi udara ini di fokuskan pada di Perairan Pulau Buru, Pulau Seram dan Pulau Ambon, karena diduga posisi kapal berada di perairan  tersebut, mengikuti arus dan angin.

“Pencarian hari ketiga ini akan difokuskan di sekitar perairan Utara Pulau Buru dan Pulau Seram dan perairan   Pulau Ambon. Operasi udara  pencarian ini memasuki hari ketiga dengan melibatkan pesawat Bakamla,” kata Aldrin.

Pesawat Bakamla tersebut dikerahkan untuk pencarian KM. Yora 03, karena baru menggelar operasi udara Bhuana Nusantara IV, maritim di zona wilayah timur. “Kebetulan pesawat Bakamla baru dari Saumlaki, untuk operasi maritim sehingga langsung  dikerahkan untuk pencarian kapal nelayan KM.Yora 03,” kata Aldrin.

Seperti diketahui, kapal nelayan KM. Yora 03 yang merupakan nelayan asal Galala dan Hative Kecil  Kota Ambon, hilang kontak sejak Sabtu (23/8). Kapal tersebut bertolak dari Pelabuhan Galala untuk melakukan penangkapan ikan di daerah tangkapan wilayah peraitan Pulau Ambon dan Pulau Seram.  (ADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *