Operasi Yustisi di Ambon, Puluhan Orang Dirapid Tes Delapan Orang Reaktif

by
Tim gabungan melakukan rapid tes kepada warga yang kedapatan tidak menggunakan masker saat operasi yustisi di Jalan Pattimura Ambon, Selasa (29/12/2020). FOTO : TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,-AMBON Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon gencar melakukan sosialisasi dan operasi yustisi untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Ambon.

Dalam operasi yustisi di Depan Gereja Maranatha Kota Ambon, Selasa (29/12/2020) petugas gabungan memeriksa pengguna jalan raya baik sepeda motor, penumpang dan sopir mobil yang tidak bermasker. Petugas juga memeriksa jarak penumpang mobil.

Loading…

Operasi yustisi ini dipantau Langsung  Walikota Ambon Richard Louhenapessy. Dalam operasi tersebut sebanyak 40 warga kedapatan tidak memakai masker, sehingga mereka langsung ditindak dengan rapid tes di tempat.

Dari jumlah tersebut delapan orang warga yang tidak bermasker dinyatakan reaktif berdasarkan hasil rapid tes cepat yang dilakukan di tempat operasi. “Hari ini kita melaksanakan sosialisasi dan pencegahan dalam bentuk rapid bagi mereka yang kedapatan tidak memakai Masker,” kata Richard kepada wartawan.

Walikota mengatakan, dalam operasi tersebut sebanyak 40 orang kedapatan tidak memakai masker, dari total jumlah itu, ada delapan orang yang dinyatakan reaktif berdasarkan hasil rapid cepat yang dilakukan di lokasi operasi. “Delapan orang yang reaktif langusung dibawa ke Dinas Kesehatan Kota Ambon, untuk dilakukan swab tes,” kata Walikota.

Jika hasil swab positif juga, kata Walikota, petugas kesehatan akan langsung datang menjemput warga tersebut di rumah berdasarkan data yang telah diambil petugas. “Kalau mereka positif kita langsung jemput di rumah karena data KTP sudah diambil oleh petugas,” ujarnya.

Walikota menambahkan, dua hari lagi sudah penghujung tahun 2020 dan memasuki tahun baru 2021, namun Pemerintah Kota Ambon terus semangat memutuskan mata rantai Penyebaran Covid-19 di Ambon.(ALFIAN SANUSI)