OPSI Maluku Bagi Sembako Ke Sejumlah Anggota Komunitas Saat Pandemi

by
Koordinator OPSI Maluku, Vhian Palijama, bagi sembako ke sejumlah anggota komunitas terdampak pandemi di Ambon, (8/5). FOTO: Dok. OPSI Maluku

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Ragam dukungan selama masa pandemi korona terus mengalir sebagai wujud kepedulian terhadap sesama. Seperti yang dilakukan Organisasi Perubahan Sosial Indonesia (OPSI) Maluku dengan membagikan sembako ke sejumlah komunitas.

Kegiatan yang berlangsung sejak 5 hingga 8 Mei 2020 itu menyasar orang-orang di kumunitas yang merasakan dampak buruk pandemi terhadap pekerjaan mereka.

Koordinator OPSI Maluku, Vhian Palijama mengatakan jika hal ini punya efek besar terhadap pendapatan serta kebutuhan ekonomi. Maka dari itu melalui OPSI Pusat menyalurkan bantuan ke setiap OPSI di beberapa provinsi. Kemudian itu diteruskan kepada target komunitas-komunitas terkait yang betul-betul terdampak.

“Ini untuk membantu teman-teman komunitas mulai dari Transgender, PSP (pekerja seks perempuan) dan LSL (lelaki seks lelaki) terkait adanya virus Covid-19 ini,” jelas Vhian.

Berbekal semangat untuk saling mendukung mereka membagikan bantuan kepada 70 orang di komunitas. Jumlah itu terbagi dua. 50 orang komunitas menerima sembako berupa beras 5 kilogram, 1 liter minyak goreng, telur 10 butir dan mie instan 10 bungkus.

Loading...

Sedangkan 20 orang sisanya dibagikan kepada orang dengan HIV berupa sembako serta tambahan uang transport yang nantinya digunakan untuk membeli vitamin dan lain sebagainya.

Para anggota atau relawan OPSI ini turun ke masing-masing tempat tinggal anggota komunitas untuk membagikan. Menurut Vhian sebagian besar mereka hidup mandiri di kost. Dengan adanya pandemi, sudah tentu terjadi pembatasan serta penutupan sejumlah tempat usaha yang menjadi sumber kehidupan mereka.

Cara ini diharapkan dapat mengurangi beban kebutuhan pangan selama beberapa waktu ke depan. “Karena yang kita lihat adanya dampak covid, beberpa tempat dibatasi dan tutup. Makanya itu opsi Maluku membantu teman-teman komunitas,” lanjutnya.

Novi, sekretaris OPSI Maluku pun menambahkan jika kondisi itu ikut membuatnya berempati. Penutupan sejumlah tempat kerja selama waktu yang tak diketahui berimbas pada hilangnya mata pencarian sejumlah anggota komunitas. Untuk itu dia bersama OPSI tergerak untuk memberikan dukungan penuh dalam bentuk pembagian sembako kepada sesama.

Harapannya bantuan tersebut dapat memberikan semangat bagi mereka selama masa pendemi. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *