Oscar Harris Bawakan Lagu Nostalgia di Ambon

by
Oscar Harris membawakan 10 lagu evergreen hits-nya kali pertama di Lapangan merdeka Ambon pada kegiatan Amboina International Bamboo Music Festival 15-17 November. FOTO: PRISKA BIRAHY

TERASMALUKU.COM,AMBON- Song for the children menjadi lagu pembuka penampil Oscar Harris di Lapangan Merdeka Ambon. Warga kota yang tumpah ruah sontak berteriak kegeirangan tatkala mendengar penyayi berdarah Suriname itu muncul di atas panggung.

Oscar masuk ke panggung utama bersama rombongan anak persis seperti video lagu yang sama saat diluncurkan pada 1980. Lagu yang diciptakan oleh orang Indonesia, Marshal Mangekei itu mencuri perhatian warga Ambon yang hadir di Amboina international Bamboo Music Festival, Kamis (15/11/2018) malam. Itu terlihat saat penonton membalas sepanggal lirik yang dinyanyikan Oscar.

Pria 74 tahun itu begitu enerjik, lincah dan stabil membawakan 10 lagu evergreen hits miliknya. Tak ketinggalan antusias penonton yang awalnya kaku lalu melebur berkat lagu-lagu nostalgia andalan. “Penonton yang memberi energi kepada saya. Energi itu yang membuat saya makin bersemangat. Penontonnya luar biasa,” ungkap Oscar saat ditemui Terasmaluku.com usai tampil di backstage.

Antusias penonton jadi energi besar pada penampilan penyanyi 74 tahun itu semalam (15/11)

Lagu-lagu yang dibawakan malam itu merupakan lagu yang tenar sekitar era 80an. Tak heran jika ada banyak orang tua yang mendominasi lapangan. Sambil mulut komat-kamit mereka mengikuti irama lagu meski tak sepenuhnya hafal lirik. Seperti since I meet you baby, smile with me, seandainya, serta mashup lagu Ouw Ulat e. “Saya pilih lagu itu karena popular di Maluku.Mereka memperhatikan tiap lirik yang saya bawakan. Ada interaksi dengan warga Ambon,” sebut Oscar yang datang bersama sang istri dari Belanda.

Loading...

Menurutnya, ada sebuah kedekatan yang kuat terbangun saat penampilannya semalam. Suasana dan impresi penonton bak magnet yang melekat lama padanya. Dia bercerita, setiap kali tur dan tampil di Indonesia ada banyak orang menyebut Ambon. Mereka mengatakan agar dia sekali waktu tampil di kota yang diusung sebagai city of Music itu. “Saya ke Jakarta, Surabaya, Manado orang-orang di sana bilang kalau saya harus ke Ambon. Saya tidak tahu kapan dan baru terwujud malam ini,” ucapnya bahagia.

Hal itulah yang membuat dia berasa begitu dekat dan akrab dengan orang Ambon. Apalagi di Belanda tempat tinggalnya ada banyak musisi asal Maluku. Massada salah satu grup musik yang banyak didengar olehnya. Pun di Indonesia ada banyak penyanyi dan pencipta lagu lawas yang dekat dengan Oscar.

Selain tampil pada pembuka, Oscar dijadwalkan bakal berkolaborasi dengan Molucca Bamboowind Orchestra pada Sabtu (17/11). Akan ada pula penampilan Pusakata Band yang digawangi Muhammad Istiqamah Djamad alias atau Is Payung Teduh, Berry Likumahua, serta musisi lokal. Seperti Ghetto Side, Molukka Hip-hop Community, Tahury Family, Hukoinlo Rhythmic Beat, dan masih banyak lagi. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *